Tips Merawat Furniture dari Bahan Kayu Agar Terhindar dari Rayap

by Lisda Nurlaela
Tips Merawat Furniture

Memiliki rumah impian dan idaman yang nyaman adalah keinginan semua orang. Namun bagaimana cara agar hunian menjadi lebih hangat dan nyaman. Desain interior dan lengkapi bangunan rumah dengan furniture adalah salah satu cara untuk menciptakan hunian agar lebih nyaman. Masalahnya adalah secara umum furniture untuk menghiasi interior rumah ini biasanya terbuat dari bahan kayu misalnya seperti bambu dan lainnya.

Masalah yang seringkali timbul dan membuat furniture dirumah yang terbuat dari bahan bambu cepat rusak adalah rayap. Ya, rayap adalah hewan kecil perusak yang berbahaya. Rayap bisa merusak dengan cara menggerogoti furniture yang ada di rumah Anda sampai habis tak tersisa.

Tips Merawat Furniture Kayu dari Rayap

Oleh karena itu, jika mayoritas furniture yang ada di rumah Anda terbuat dari bahan kayu. Maka pastikan Anda secara rutin memeriksa dan merawatnya. Berikut ini beberapa cara dan tips merawat furniture kayu agar terhindar dari rayap.

Pastikan Furniture Tidak Terkena Cipratan Air dan Matahari Langsung

Pertama, pastikan furniture Anda tidak terkena cipratan air dan paparan sinar matahari secara langsung. Cipratan air dan matahari langsung akan mengundang rayap untuk bersarang karena mereka suka sekali dengan tempat yang lembab.

Pastikan Furniture Tidak Bersentuhan Langsung dengan Tanah

Jika memang lantai rumah Anda masih berupa tanah. Pastikan furniture rumah Anda tidak bersentuhan langsung dengan tanah karena bisa menyebabkan furniture lembab dan menjadi sarang rayap. Tidak hanya akan menjadi sarang rayap, akan tetapi juga akan membuat furniture rumah Anda mudah berjamur dan rapuh.

Beli Furniture yang Sudah Dilapisi Cairan Finishing

Pastikan Anda memilih furniture yang sudah dilapisi oleh cairan finishing. Karena cairan finishing ini berfungsi sebagai proteksi anti rayap dan mencegah kelembaban serta air masuk ke dalamnya.

Rendam Alas Furniture dalam Minyak Tanah Atau Oli Bekas

Jika kebetulan furniture rumah Anda memiliki alas seperti kaki. Maka, cara efektif untuk merawatnya agat terhindar dari rayap adalah dengan cara merendam alas kaki furniturenya dengan menggunakan oli bekas atau minyak tanah.

Bagaimana jika rayap sudah bersarang dan menggerogoti furniture rumah? Segera panggil jasa basmi rayap sekarang juga untuk membasmi rayap hingga akarnya.

You may also like