Tips Dan Trik Memaksimalkan Kamera Smartphone Untuk Hasil Tangkapan Bak Foto Profesional

by Lisda Nurlaela
Tips Dan Trik Memaksimalkan Kamera Smartphone

Dengan semakin meningkatnya popularitas internet dan juga media sosial, tidak bisa dipungkiri jika kebutuhan akan kamera ikut melonjak. Namun jika dibandingkandenganperangkat kamera profesional, smartphone juga sudah cukup mampu untuk hasilkan tangkapan rupawan. Bahkan tidak sedikit kamera smartphone yang memiliki lensa berkapasitas besar dan fitur lengkap. Ingin hasil foto bak profesional? coba tips berikut di kutip Fokus Jabar.

Beberapa Hal Yang Bisa Anda Lakukan Agar Hasil Foto Tampak Lebih Profesional

1. Pahami Komposisi Rule Of Thirds

Rule of thrids adalah komposisi peletakan gambar dalam kamera untuk hasil yang tampak natural. Dalam hal ini, Anda harus memecah frame menjadi tiga bagian yang sama baik secara horizontal ataupun vertikal. Dengan begitu Anda akan dapatkan 9 kotak atau garis di dalam layar. Adanya garis ini akan membantu Anda menentukan penempatan objek foto dengan lebih baik. Pasalnya, foto yang bagus tidak selalu memiliki objek yang tepat berada di tengah.

Anggap saja Anda tidak akan selalu memilikikesempatan untuk menangkap gambar pada bagian tengah. Dengan begitu, meletakkan objek sedikit ke pinggir bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun tidak hanya berkesanout of center saja, komposisi yang tepat untuk objek tersebut adalah meletakkan di poin dimana garis ini berpotongan. Beberapa kamera smartphonesudah memiliki pengaturan untuk mengaktif atau menonaktifkan grid atau Rule of thirds ini.

2. Jaga Lensa Agar Selalu Bersih Dan Jernih

Sama halnya dengan kamera profesional atau DSLR dan berbagai jenis lainnya, kebersihan dan kondisi lensa akan pengaruhi hasil foto yang ditangkap. Kerusakan kamera ini kerap terjadi pada smartphone karena lokasinya yang ada pada punggung HP. Sebab itu, tidak sedikit yang mendapati foto tampak berembun, berbayang, bahkan tidak jelas.Hal ini bisa dikarenakan adanya kotoran at au debu yang menempel di lensa.

Anda bisa bersihkan dengan mengelap lensa kamera tersebut. Karena itulah, selalu pastikan keadaan lensa selalu bersih dan normal di setiap Anda akan melakukan pemotretan. Selain itu, jaga kondisi kamera agar terhindar dari lecet atau gesekan. Hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk hindari kerusakan yang membutuhkan penggantian lensa.Salah satu cara pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah dengan gunakan casing smartphone.

3. Pahami Kemampuan Kamera

Mengenali kemampuan lensa kamera smartphoneadalah hal yang sangat krusial. Perlu digaris bawahi bahwa setiap smartphone baik itu Flagship, high end, atau low end, akan memiliki kamera dengan ukuran lensa yang berbeda. tentunya Anda tidak bisa mengharap lensa 5MP akan hasilkan gambar yang sama dengan 25MP. Karena itulah Anda harus tahu kapasitas dan juga kemampuan dari kamera yang tersematkan dalam smartphone.

Untuk Anda yang masih pemula, menggunakan kamera di smartphone low end atau high end sudah dirasa cukup. Pada umumnya, ukuran lensa berukuran lima hingga belasan MP sudah cukup untuk beri tampilan yang apik. Yang perlu dipahami adalah seluk beluk dari fitur dan juga kemampuan smartphone itu sendiri. Sudah cukup banyak gawai yang berikan kemampuan setting manual, meski lensa yang dimiliki tidak terlalu tinggi.

Dengan kemampuan tersebut, Anda bisa belajar dan mengotak atik tentang resolusi, shooting mode, brightness, contrast dan lain sebagainya. Bahkan jika Anda ingin terlihat lebih pro, gunakan fitur PRO yang biasanya beri pilihan untuk pengguna mengatur ISO, aperture, dan shutter speed. Pengaturan PRO pada kamera smartphonetersebut sangat mirip dengan pengaturan lensa yang sering didapati dalam DSLR.

4. Hindari Zoom Pilih Untuk Mendekati Objek

Salah satu tips yang bisa Anda gunakan adalah menghindari penggunaan zoom. Fitur yang berguna untuk memperbesar gambar atau mendekatkan objek dengan lensa inimemang memudahkan proses fotografi. Namun sayangnya, melakukan zoom akan membuat gambar tampak pecah atau bahkan kehilangan fokus. Karena itu,jika memungkinkan lebih baik Anda mendekati objek dan penuhi layar dengan target foto.

5. Gunakan Sentuhan Tambahan Dengan Aplikasi Edit Atau Filter

Salah satu nilai plus dari penggunaan smartphone adalah adanya fitur dan aplikasi lain yang bisa digunakan untuk melakukan edit atau tambahan filter. Meski beberapa fitur setara bisa ditemukan di DSLR, namun penggunaan smartphone berikan keleluasaan yang lebih baik. Karena itulah, kamera smartphone bisa beri hasil bak profesional jika Anda pintar memilih aplikasi edit atau filter. Seperti contohnya adalah fitur bokeh, macro, panorama, dll.

Meskipun tidak menggunakan perangkat kamera profesional seperti DSLR, tidak sedikit hasil tangkapan foto dari smartphone yang sama bagusnya. Bahkan adanya filter dan juga lensa yang semakin besar tidak menutup kemungkinan kamera ini akan kalahkan kemampuan DSLR. Namun demikian, untuk hasilkan foto terbaik Anda perlu gunakan ke lima tips tersebut.Hal ini dikarenakan smartphone juga masih memiliki keterbatasan kemampuan dalam hal fotografi.

You may also like