Tips Bijak Gunakan Kartu Kredit Biar Nggak Terjebak Utang!

by Lisda Nurlaela
Tips Bijak Gunakan Kartu Kredit

Tidak gunakan kartu kredit dengan pintar kamu akan terbelit hutang dan memiliki gaya hidup konsumtif yang membuat tambah lama keuanganmu menurun.

Kamu yang baru menjadi karyawan di perusahaan dan baru pertama kali memiliki kartu kredit tentu akan sangat bahagia. Memang menggunakan kartu kredit dapat memudahkan transaksi, tapi jika tidak digunakan dengan bijak, kartu kredit mampu membuat kamu kelilit utang yang besar. Selain itu kamu juga dapat memiliki gaya hidup konsumtif. Nah, bagaimana cara menggunakannya dengan bijak, kamu bisa lihat enam cara di bawah ini.

1. Dua cukup

Jika kamu sudah memiliki satu kredit dan pemakaiannya lancar, biasanya kamu akan mendapatkan tawaran kartu kredit lain serta kamu juga tertarik untuk mendapatkannya. Jika memang membutuhkannya, miliki cukup dua kartu kredit. Semakin banyak kartu kredit yang kamu miliki semakin banyak juga pengeluaran yang harus kamu bayarkan.

2. Atur limit kartu kredit

Setiap kartu kredit memiliki limit yang dapat kamu tentukan. Atur limit kedua kartu kredit kamu sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Lebih baik tentukan kedua kartu kreditmu dengan berbeda, yang satu diatur dengan limit yang lebih kecil dan yang satu lagi dengan limit yang lebih besar.

3. Berpikir sebelum belanja

Memang semua hal bisa kamu beli dan inginkan, tapi tidak semua perlu dan dibutuhkan. Jadi jangan boros belanja hal-hal yang tidak perlu. Berpikir panjanglah dulu sebelum belanja, atau untuk lebih efektif rencanakan apa saja yang perlu kamu beli jadi saat pergi ke tempat perbelanjaan kamu tidak hanya asal ambil.

4. Simpan kartu kredit jika tidak digunakan

Tidak semua transaksi belanja menggunakan kartu kredit, jika kamu memiliki uang tunai bayarlah dengan uang tersebut. Semakin banyak transaksi yang kamu lakukan dengan kartu kredit, bayaran yang kamu harus bayar tiap bulannya juga akan semakin banyak. Simpanlah kartu kredit jika tidak digunakan.

5. Manfaatkan point reward

Biasanya di dalam kartu kredit akan ada poin yang tanpa sadar kamu kumpulkan saat kamu menggunakannya. Poin-poin tersebut bisa kamu tukarkan dengan barang-barang promo yang menarik. Ini merupakan keuntungan kamu dalam menggunakan kartu kredit. Namun, tetap saja kamu harus teliti dan jeli dalam menggunakan poin tersebut.

6. Periksa tagihan dengan teliti

Selalu periksa setiap surat tagihan yang kamu terima. Cocokkanlah dengan setiap transaksi yang kamu lakukan. Jika ada kesalahan cepat laporkan ke penerbit kartu kreditmu.

Itulah cara atau tips untuk penggunaan kartu kredit. Jangan lupa untuk selalu berhemat dan pandai dalam pemakaiannya.

You may also like