Tingkatkan Kreativitas dengan Melakukan 8 Kebiasaan yang Sering Dianggap Sepele Ini!

by Lisda Nurlaela
Tingkatkan Kreativitas

Membangun dan meningkatkan kreativitas bisa dari kebiasaan-kebiasaan yang sering kamu anggap sepele. Apa saja itu?

Setiap orang pada dasarnya memiliki jiwa kreativitas di dalam dirinya. Namun, setiap orang membutuhkan cara agar terus mengembangkan dan meningkatkan kreativitas yang dimilikinya. Tidak usah muluk-muluk, cara sederhana yang mungkin sering dianggap sepele sebenarnya sudah mampu meningkatkan kreativitas, asalkan kamu lakukan setiap hari. Apa saja hal sederhana itu?

1. Bangun lebih awal

Dengan kamu bangun lebih pagi, otak akan menjadi lebih kreatif. Banyak orang yang sukses seperti Benjamin Franklin yang bisa berhasil dan sangat terkenal karena selalu bangun lebih awal untuk merancang segala aktivitasnya sepanjang hari. Maka dari itu, kalau kamu mau punya pemikiran yang kreatif, bangun pagi!

2. Olahraga pagi

Zaman sekarang memang sudah menjadi tren untuk hidup sehat dengan berolahraga. Tapi, olahraga yang benar dan mampu mengembangkan kekreativitasan kamu adalah olahraga saat pagi hari. Menurut penelitian, 90% orang akan jauh lebih kreatif saat mereka telah melakukan aktivitas fisik atau berolahraga. Selain itu, olahraga juga mampu meningkatkan mood-mu karena hormon di dalam tubuhmu menghasilkan endorphin.

3. Membaca

Apa yang kamu baca memiliki peran penting dalam tingkatan kreativitas yang kamu miliki. Membaca adalah salah satu aktivitas yang meningkatkan wawasan, imajinasi, mendapatkan inspirasi, serta meningkatkan daya ingat.

4. Menulis

Menurut studi dari Harvard Business School, bahwa menulis jurnal secara berkala akan membantu kamu untuk lebih fokus dan lebih produktif. Maka dari itu, menulis juga hal yang penting dan mampu membuat kamu lebih kreatif. Sediakan waktu 10 sampai 20 menit untuk menulis. Tulislah apa yang sedang kamu pikirkan dengan gaya bahasamu. Tulisan kamu juga tidak perlu dipublikasikan. Karena menulis ini mampu membuat kamu melatih mengekspresikan perasaan dan menerjemahkan pikiranmu dari yang masuk akal sampai yang tidak.

5. Membuat to-do list

Kamu mungkin punya beberapa rencana yang ingin kamu lakukan. Sayangnya, biasanya orang hanya bisa merencanakan, tapi tidak diaplikasikan. Kamu harus buang kebiasaan jelek itu. Untuk mendisiplinkan diri, kamu bisa membuat to-do list setiap harinya. Dengan begitu, kamu pun bisa memantau perkembangan rencana yang kamu buat secara rutin.

6. Mengamati sekitar

Hal yang sering terjadi akhir-akhir ini adalah banyak orang lupa bahwa mereka tidak hidup di dunia ini. Mengamati lingkungan sekitar juga mampu memberikan inspirasi. Selain kamu jadi lebih aware dengan orang lain, lewat pengamatan yang kamu lakukan, kamu bisa tahu tren yang sedang berlangsung.

7. Berkomunikasi secara langsung

Cobalah untuk bangun kebiasaan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang-orang yang ada di samping kamu sekarang. Saat kamu bicara dengan orang-orang secara langsung bertatap muka, kamu tidak hanya tahu ceritanya, tapi kamu juga melihat reaksinya, raut wajah, kebiasaannya, dan hal yang lain yang mampu menjadi inspirasi kamu.

8. Bersenang-senanglah

Meningkatkan kreativitas tidak selalu dengan hal-hal yang berat dan susah. Bersenang-senang juga mampu menggali kreativitasmu. Banyak cara untukmu bersenang-senang sambil meningkatkan kreativitas, salah satunya adalah menyalurkan inner child kamu. Walaupun sudah umur 20, 30, atau 40 tahun, setiap orang masih memiliki sisi kanak-kanaknya. Seperti yang kamu ketahui, anak-anak memiliki imajinasi dan kreativitas yang tinggi. Sekali-kali kerjakan sesuatu dengan mentalitas ini. Tidak perlu takut hasil pekerjaan yang tidak baik, tapi lihatlah dari sisi anak-anak yang semuanya merupakan petualangan dan momen belajar yang tidak akan dilupakan.

Nah, itu dia kebiasaan-kebiasaan yang mungkin sepele tapi berdampak besar banget. Yuk, coba kamu ubah kebiasan buruk kamu dan lakukan 8 kegiatan di atas.

You may also like