Prosedur Pendaftaran Merek di Indonesia

by Lisda Nurlaela
Prosedur Pendaftaran Merek di Indonesia

Pilih tipe usaha perlu taktik yang masak, dan modal yang ideal. Alasan banyak faktor simpatisan, dapat memberikan efek positif pada keberlangsungan usaha yang ditempuh.

Salah satunya yang tersering ialah membuat usaha dengan merek sendiri, daripada lewat waralaba. Tipe usaha ini punyai rintangan serta kekuatan yang besar juga. Tetapi sebelumnya, perlu buat pengembangnya untuk mendaftar merek.

Mekanisme Ekstensi Merek

Perlindungan hak pemilikan asset periode panjang ialah keuntungan yang dapat didapat. Nah, buat Anda yang akan buka usaha sekaligus juga ingin mendaftar merek, di bawah ini mekanisme  pendaftaran merek ke Dirjen Kekayaan Cendekiawan.

  • Penelusuran Merek Tercatat

Mencari merek tercatat ialah langkah awal yang penting sebelum pendaftaran. Ini ialah serangkaian mekanisme yang dapat menahan penampikan dari Djki sebab persamaan nama.

Djki dalam ini, memiliki hak menampik permintaan pendaftaran yang berisi persamaan nama, simbol, penyebutan, tulisan dan faktor yang lain. Mengecek merek tercatat bisa disaksikan pada halaman sah Djki.

Ada beberapa ribu database merek di Indonesia yang sudah tercatat. Walau begitu, merek yang masih juga dalam step kontrol belum tertera pada halaman itu.

Sebaiknya, pemohon mengontak langsung faksi Djki tentang data yang masih juga dalam proses untuk hindari persamaan. Juga bisa, lewat layanan konsultan paling dipercaya dalam pengurusannya.

  • Memastikan Ketentuan Mengajukan Permintaan

Cara selanjutnya pastikan kriteria dalam mengajukan pendaftaran sudah tercukupi. Cara ini bertambah pada kelengkapan administrasi yang perlu disetorkan pada Djki. Ketentuan itu diantaranya:

A. Pemohon adalah perusahaan atau perseorangan yang diisi dalam biodata berbentuk nama, alamat dan kewarganegaraan.
B. Label merek tentu sekitar tiga lembar.
C. Menyiapkan daftar layanan atau barang dengan merek yang diputuskan.
D. Surat pengakuan pemilikan oleh pemohon.
E. Surat kuasa bila memakai konsultan.
F. Fotokopi jati diri pribadi berbentuk KTP serta NPWP.
G. Bukti prioritas untuk hak prioritas yang tentu.

  • Mengisi Formulir Pendaftaran

Bila semua kriteria tercukupi, pemohon atau kuasa harus isi formulir mengajukan pendaftaran yang ada pada halaman web sah Djki. Pada step ini, ada berkas penambahan yang perlu dipenuhi seperti etiket merek, surat kuasa spesial, surat info UMKM sampai bukti pembayaran pendaftaran.

  • Pemeriksaan Normalitas serta Substantif

Semua data pemohon dan formulir pendaftaran permintaan akan dicheck faksi Djki. Faksi itu sekaligus juga lakukan pencarian merek tercatat sebelum memberikan informasi kabar sah merek.

Kontrol normalitas yang disebut, ialah kelengkapan kriteria register awal seperti yang tertera dalam ketentuan Djki.

Sedang pada kontrol substantif semakin lama sebab mengecek secara detail termasuk juga merek sama. Jika ada berkas yang tidak komplet, Djki akan mengembalikannya dengan batasan waktu pemenuhan optimal 2 bulan.

  • Pengajuan Keberatan Faksi Lain

Sesudah dipastikan lulus dalam kontrol normalitas serta substantif, karena itu Dirjen HKI akan memberitahukan daftar kabar sah merek yang sudah disepakati minimal 10 hari sesudah kesepakatan.

Informasi diperuntukkan pada publik jika ada keberatan sebab persamaan nama atau unsur lain, serta minta merek tidak disepakati. Keberatan bisa disodorkan dengan cara daring lewat web.

Lama mengajukan keberatan biasanya semasa dua bulan semenjak tanggal launching untuk mengajukan keberatan.

  • Pemeriksaan Kembali lagi atas Keberatan

Jika faksi ke-3 melontarkan tuntutan, karena itu dengan cara automatis faksi Djki akan kembali lagi lakukan kontrol dengan cara substantif. Masalah yang bersambung akan dilanjutkan ke Komisi Banding Merek.

Bila tidak ada mengajukan keberatan semasa dua bulan saat informasi, karena itu Djki akan cetak sertifikat merek yang disodorkan. Masa aktif merek adalah 10 tahun terhitung semenjak tanggal akseptasi permintaan pendaftaran oleh Djki.

Semua mekanisme pendaftaran merek harus dilaksanakan dengan pas, khususnya tentang pemenuhan kriteria. Pikirkan perkiraan ongkos yang perlu dikeluarkan dengan mengenal komponennya.

You may also like