Pentingnya Manajemen Waktu dan Manfaatnya dalam Kehidupan

by Lisda Nurlaela
Pentingnya Manajemen Waktu

Penting dan Manfaat Manajemen Waktu dalam Kehidupan,- ‘Waktu Adalah Uang’ pepatah tersebut sepertinya sangat benar dalam kenyataannya, karena saking berharganya waktu kita didunia ini hingga harganya sama bahkan melebihi uang itu sendiri. Itulah mengapa sebabnya kita hidup didunia harus pandai dalam mengatur waktu dengan baik, karena kunci dari orang-orang sukses didunia ini adalah kemampuan untuk mamanajemen waktunya dengan baik dan efisien.

Pentingnya Manajemen Waktu

pentingnya manajemen waktu

Apa itu manajemen waktu? Pengertian manajemen waktu menurut para ahli adalah suatu pengorganisasian , perencanaan serta pengawasan terhadap produktivitas waktu. Singkatnya manajemen waktu adalah kemampuan seseorang untuk dapat mengalokasikan waktunya dengan baik sesuai dengan kebutuhannya.

Orang yang memiliki kemampuan untuk memanage waktunya dengan baik akan mampu untuk menjalani semua kegiatan kehidupannya dengan efisien, mulai dari bangun tidur, kerja, sekolah, bermain, belajar, hingga beribadah. Bahkan mereka pun bisa menambahkan kegiatan sosial lainnya macam gotong royong, silaturahmi, kerja bakti, dan lain-lainnya ke dalam jadwalnya yang padat. Jadi bisa Anda bayangkan betapa pentingnya manajemen waktu ini terhadap kelangsungan kehidupan?

Sudah banyak contoh manusia yang gagal hanya karena manajemen waktunya yang buruk, begitu juga pula sudah banyak orang membuktikkan bahwa dengan memanage waktunya dengan baik mampu menggapai kesuksesan didunia ini. Contoh yang paling mudah cobalah untuk melihat artis top Indonesia, Raffi Ahmad, berkat manajemen waktu yang baik ia mampu tampil di semua acara tv dari pagi hingga malam tanpa terlihat rasa lelah sedikitpun. Hal tersebut pun mengantarkannya sebagai artis sukses yang tak pernah sepi dari kerjaan.

Jadi manakah yang Anda pilih? Apakah Anda ingin menjadi manusia gagal tidak sukses dari kehidupan ? Ataukah sebaliknya, Anda Anda ingin menjadi orang sukses di kehidupan ini? Jika Anda memilih ingin sukses ketahuilah betapa pentingnya manajemen waktu dalam kehidupan dan praktekkan caranya.

Manfaat Manajemen Waktu

manfaat manajemen waktuManajemen waktu tiap orang berbeda-beda, tergantung dari apa profesinya. Tidak mungkin manajemen waktu seorang pelajar sama dengan manajemen waktu pekerja, apalagi jika dibandingkan dengan manajemen waktu ibu rumah tangga, pasti akan sangat jauh berbeda. Meskipun begitu, manfaat manajemen waktu itu selalu sama bagi kita tidak peduli apa profesi yang kita jalani. Apa saja manfaat manajemen waktu tersebut? Simak saja selengkapnya dalam manfaat manajemen waktu dibawah ini.

1. Menghilangkan Kebiasaan Suka Menunda

Bagi Anda yang mempunyai sifat malas terbiasa untuk berkata nanti pada suatu hal, manajemen waktu yang baik adalah obat yang paling ampuh untuk mengatasi kebiasaan menunda-nunda tersebut.  Dengan manajemen waktu yang baik akan mengajarkan kepada Anda bagaimana cara pengaturan waktu yang baik dan efisien sehingga dapat dengan mudah menghilangkan kebiasaan suka menunda Anda.

2. Membuat Diri Menjadi Lebih Disiplin

Manajemen waktu yang baik akan memberikan manfaat kepada Anda untuk mampu mengatur waktu lebih baik serta dapat dijadikan sebuah sebuah dalam aktivitas anda. Hal ini tentunya akan membuat Anda menjadi lebih disiplin menjalani hidup dan menjadi pribadi yang teratur.

3. Mempermudah Semua Urusan

Ini adalah salah satu manfaat manajemen waktu yang sangat dibutuhkan oleh setiap manusia, yaitu untuk mempermudah semua urusan. Manajemen waktu yang baik tentunya akan mempersingkat tenaga Anda dalam suatu hal sehingga menjadi lebih efisien dalam mengatasi semua permasalahan.

4. Menghindari Tabrakan Antar Aktifitas

Manfaat manajemen waktu yang selanjutnya adalah membuat aktifitas menjadi lebih teratur sehingg dapat menghindari tabrakan antar aktifitas. Anda pasti tidak ingin bukan memiliki jadwal bertabrakan antara satu dengan lainnya, semua hal tersebut dapat Anda hindari jika memiliki manajemen waktu yang baik.

Demikianlah pentingnya manajemen waktu dan manfaatnya dalam kehidupan.

You may also like