Para Fresh Graduate, Tertarik Bekerja di Industri Kreatif? 7 Jenis Pekerjaan Ini Bisa Jadi Pilihanmu!

by Lisda Nurlaela
Industri Kreatif

Kamu yang baru lulus dan mau bekerja dalam bidang industri kreatif ada beberapa pilihan jenis pekerjaan nih yang mungkin merupakan passion kamu.

Industri kreatif merupakan bagian yang memiliki peranan penting terhadap perkekonomian negara. Beberapa orang berpendapat bahwa kreativitas manusia merupakan sumber daya ekonomi utama. Kamu baru lulus kuliah dan ingin bekerja di industri kreatif? Di Indonesia sendiri sudah ada banyak berbagai macam sektor yang termasuk industri kreatif. Apa saja pekerjaan yang cocok buat kamu? Berikut daftarnya!

1. Advertising

Periklanan atau advertising ini merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan produksi dan distribusi iklan yang melakuakn riset pasar dan perencanaan pengembangan iklan. Pekerjaan ini tidak jauh-jauh dalam memproduksi iklan serta promosi lewat media.

2. Design

Industri kreatif desain akhir-akhir ini lagi naik daun. Banyak bidang mana pun yang membutuhkan pekerja yang bisa mendesain dan punya selera seni yang bagus. Ada beberapa bagian dari pekerjaan ini, ada design grafis, design interior dan design produk.

3. Fashion

Fashion juga merupakan bagian industri kreatif, karena terkait dalam pembuatan sebuah pakaian, aksesoris, dan lain sebagainya. Selain itu, jenis pekerjaan dalam bidang fashion seperti konsultan dan distributor fashion yang telah dibuat.

4. Kuliner

Industri kreatif dalam sektor kuliner cukup menjanjikan. Sektor kuliner sudah sangat besar pasarnya di dunia. Kamu yang ingin bekerja dalam bidang ini harus siap memberikan produk yang lebih menarik dan berkompetisi dengan baik.

5. Video, Film dan Fotografi

Di dunia serba teknologi sangat dibutuhkan para pekerja yang bisa melakukan tiga hal ini, video, film, dan fotografi. Selain memproduksi video, film dan fotografi, adapula bagian promosi produk yang telah dibuat.

6. Musik

Siapa di dunia ini yang tidak suka musik? Tanpa musik hidup akan terasa hampa. Orang-orang yang bekerja dalam bidang ini menciptakan lagu, komposisi, dan proses rekaman.

7. Pertelevisian

Industri kreatif terbesar yang juga masih menjanjikan hingga kini adalah pertelevisian. Ada beberapa pilihan pekerjaan di bidang ini, antara lain production assistant, kreatif, talent, unit production manager, dan floor director.

Ketujuh bidang industri kreatif di atas bisa menjadi pilihan kamu para fresh graduate untuk meniti karier. Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu.

You may also like