Masalah Limbah B3 dengan Metode Pengolahan Paling Tepat

by Lisda Nurlaela
5MASAL~1

Limbah B3 lebih berbahaya jika dibandingkan dengan jenis limbah lainnya. Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3) ini merupakan limbah yang perlu campur tangan dari campur tangan orang-orang yang ahli dalam pengolahan limbah tersebut.

Industri atau juga rumah tangga bisa ikut andil dalam menangani limbah beracun ini. Hal tersebut dikarenakan limbah dengan jenis B3 ini adalah limbah berbahaya yang memiliki dampak buruk bagi lingkungan dan kehidupan manusia.

Masalah Limbah B3

Limbah dengan jenis B3 ini masih menjadi satu permasalahan. Hal tersebut dikarenakan jasa pengolahan limbah jenis berbahaya ini masih sulit ditemukan.

Dengan demikian, akan terdapat dampak yang buruk dan sangat merugikan untuk lingkungan hidup. Termasuk ke dalamnya adalah kelangsungan hidup manusia nantinya jika dibiarkan terus menerus.

Walaupun tubuh manusia dapat dengan alami mengeluarkan toksin yang ada, akan tetapi untuk pengeluaran racun dari limbah berbahaya ini akan sangat sulit. Efeknya akan menimbulkan kerusakan yang meliputi kerusakan sistem saraf, bagian sistem pencernaan, gangguan kardiovaskuler, saluran pernafasan, hingga penyakit kulit.

Bahkan, efek yang lebih buruk dari racun B3 ini adalah kematian. Selain itu, terdapat efek kronis yang ditimbulkan seperti dapat memicu sel kanker, mutasi sel pada tubuh, cacat dari lahir, hingga kerusakan pada sistem reproduksi.

Efek yang lebih akut dapat merusak jaringan paru-paru lebih berat dan makanan yang telah terkontaminasi limbah akan mengakibatkan kerusakan hati. Perusahaan pengolahan limbah B3 di Jakarta dapat mengurangi permasalahan tersebut dan memberikan efek yang lebih sedikit terhadap pencemaran lingkungan.

Disamping itu, jasa pengolahan tersebut dapat memiliki pengaruh yang besar atas pertumbuhan janin dan juga pertumbuhan bayi. Berkurangnya racun yang berbahaya dari limbah, akan menjadikan kontaminasi terhadap ibu hamil lebih rendah dalam menembus plasenta mereka.

Pengolahan Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya

Mengingat dampaknya yang sangat buruk bagi kehidupan dan lingkungan, maka jasa pengolahan limbah sangat diperlukan. Hal tersebut berguna agar tak terlalu memiliki dampak atau efek yang lebih buruk lagi.

Terdapat tiga metode dalam mengolah limbah B3 yang paling populer, yakni chemical conditioning, stabilization/solidification, dan juga incineration.

Chemical Conditioning

Metode pengolahan limbah ini yakni dengan membuat beberapa senyawa-senyawa yang stabil. Lalu menghancurkan organisme patogen serta memanfaatkan semua hal yang mempunyai nilai ekonomi terhadap proses pengolahan. Kemudian, juga berupa metode mengkondisikan lumpur agar tidak memiliki sifat berbahaya ketika dilepas ke lingkungan.

Stabilization/Solidification

Proses dari metode ini melalui proses pencampuran sisa atau limbah B3 tersebut dengan bahan adiktif. Hal tersebut berguna dalam mengurangi kandungan racun serta menurunkan laju migrasi dari bahan yang mencemarkan. Proses ini adalah pemadatan senyawa atau zat yang berbahaya dengan bahan aditif serta berhubungan dengan metode stabilisasi.

Incineration

Metode ini adalah salah satu proses yang seringkali ditemukan dalam proses pengolahan dari jasa pengolahan limbah. Incineration atau pembakaran adalah proses mengurangi volume limbah sampai 90 persen dan juga mengurangi massanya hingga 75 persen.

Umumnya, teknologi pembakaran ini mampu merubah limbah menjadi gas. Keunggulan dari proses incineration ini yaitu komponen dari limbah dapat dihancurkan secara lebih cepat serta tak perlu lahan yang luas.

Limbah medis juga merupakan salah satu jenis limbah B3 yang dampaknya berbahaya. Jadi, perlu jasa pengolahan limbah medis yang berpengalaman serta memiliki kualitas tinggi dalam mengolahnya agar tak memiliki efek berbahaya.

 

You may also like