Macam-Macam Fungsi VLOOKUP dan Cara Penggunaannya

by Lisda Nurlaela
Macam-Macam Fungsi VLOOKUP dan Cara Penggunaannya (wallstreetmojo.com)

Microsoft Excel sering digunakan dalam berbagai ruang lingkup seperti pada media pembelajaran pada akademi. Atau sering kali digunakan dalam pembuatan laporan, penghitungan, pembayaran, dan lain sebagainya. Di dalam Excel terdapat beberapa fungsi yang dapat membantu pekerjaan anda. Salah satunya adalah fungsi VLOOKUP. Berhubungan fungsi Excel satu ini, berikut akan kita bahas mengenai macam-macam fungsi VLOOKUP dan cara penggunaannya secara lebih rinci.

Inilah Macam-Macam Fungsi VLOOKUP dan Cara Penggunaannya

Fungsi Vlookup seringkali disebut dengan rumus Vlookup. Hal ini adalah salah satu fungsi atau rumus Excel dasar. Rumus ini cukup sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi yang termasuk dalam kategori lookup serta reference akan sering anda perlukan pada saat mengerjakan tugas sehari-hari yang berhubungan dengan Microsoft Excel.

Rumus VLOOKUP paling sering digunakan dalam pemrosesan data. Dimana dengan rumus ini anda dapat menggabungkan informasi lebih dari 1 worksheet atau file ke dalam 1 sheet yang sedang anda kerjakan dengan data vertical.

Rumus VLOOKUP Pada Excel    

Berikut ini cara penulisan rumus VLOOKUP:

=VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;[range_lookup])

Keterangan :

  1. lookup_value merupakan nilai yang ingin dicari pada kolom pertama tabel
  2. table_array ialah tabel referensi yang akan dicari datanya, selanjutnya kolom pertamanya akan digunakan sebagai acuan untuk nilai lookup_value
  3. col_index_num adalah nomor kolom yang terdapat pada tabel referensi yang datanya akan dicari
  4. range_lookup merupakan pilihan untuk menentukan nilai persis atau yang mendekati.

Terdapat dua jenis range_lookup yakni TRUE dan FALSE. TRUE akan digunakan untuk mencari nilai yang mendekati. Sedangkan FALSE digunakan untuk mencari nilai yang sama persis. Akan tetapi, jika range_lookup tidak diisi, maka secara otomatis akan dianggap sebagai nila TRUE.

Beberapa Fungsi VLOOKUP Excel

Berikut ini macam-macam fungsi VLOOKUP dan cara penggunaannya, antara lain:

Nilai yang Dicari

Merupakan sebuah nilai yang kita cari pada kolom pertama yang terdapat dalam suatu tabel atau kolom paling kanan dari Tabel Referensi. Argumen ini dapat berupa teks, angka, tanggal, atau nilai tertentu, baik ditulis secara langsung atau hanya sebuah referensi sel. Dapat pula berupa nilai yang akan dihasilkan dari rumus Excel lainnya.

Tabel Referensi

Tabel referensi data terdiri dari 2 buah kolom atau lebih yang mana nilai yang dicari berada dalam kolom pertama dari tabel data tersebut.

Nomor Kolom

Suatu nomor kolom dari argumen Tabel Referensi yang memiliki nilai data yang akan anda ambil nilai sembari dengan menggunakan posisi Nilai yang Dicari dalam kolom pertama.

Range Lookup

Disini akan diisi dengan menggunakan nilai Boolean True atau False. Nilai logika dari True atau False ini bersifat mencari. Nilai logika dalam rumus VLOOKUP digunakan sebagai acuan guna menetapkan apakah kita ingin VLOOKUP menemukan hasil yang sama persis atau hanya menemukan nilai yang mendekati.

Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP Excel

Terdapat tips efektif dalam penggunaan fungsi VLOOKUP. Hal ini tentunya dapat mempermudah serta menghindari kesalahan pada saat menggunakan fungsi tersebut.

Dalam menggunakan rumus atau fungsi VLOOKUP, anda dapat menggunakan reference absolute pada tabble array dengan cara menekan F4 pada argument range. Tips lain yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan define name yang memiliki fungsi untuk memberi nama range dengan menggunakan fitur table.

Dengan mengetahui macam-macam fungsi VLOOKUP dan cara penggunaannya, maka anda akan memperoleh kemudahan pada saat akan mencari data serta mengambil data dari sebuah tabel yang referensinya berdasarkan nilai tertentu. Sesuai dengan nama yang dimiliki, yakni vertical lookup, maka proses pencarian datanya pun juga dilakukan secara vertikal. Sedangkan untuk mencari data secara horizontal, Excel memiliki rumus HLOOKUP.

You may also like