Kecanduan Alkohol – Akibat, Bahaya dan Cara Mengatasinya

by Lisda Nurlaela
Bahaya Alkohol dan Cara Mengatasi Kecanduan Alkohol

Bahaya Alkohol dan Cara Mengatasi Kecanduan Alkohol,- Apa itu alkohol? Pengertian alkohol adalah minuman keras yang mengandung senyawa kimia bersifat memabukkan. Minuman ini apabila terus dikonsumsi dan masuk ke tubuh maka akan membahayakan. Tidak hanya pada kesehatan, bahkan pada tingkah laku serta hubungan sosial peminumnya.

Sudah tidak terhitung berapa banyak kehidupan manusia yang hancur diakibatkan oleh kecanduan alkohol ini. Kami yakin pasti ada teman, anggota keluarga, mulai kakak hingga suami dari Anda yang menjadi korban dari kecanduan alkohol ini. Faktanya memang, bahaya kecanduan alkohol ini sangat menyedihkan dan mengecewakan.

Orang yang menjadi pecandu alkohol akan merasa tidak bisa berhenti dalam mengkonsumsi alkohol. Tingkah laku mereka akan berubah menjadi kasar, serta pengendalian diri menjadi rendah. Akibatnya banyak pecandu alkohol yang melakukan tindakan kekerasan, bahkan diluar batas kewajaran. Jika sudah seperti ini, maka siapakah yang patut disalahkan.

Akibat dan Bahaya Alkohol bagi Kesehatan dan Kehidupan Sosial

Diatas telah kami beritahukan bahwa alkohol sangat berbahaya, tidak hanya pada kesehatan, tetapi juga pada kehidupan interaksi sosial manusia. Mulai dari penyakit akibat alkohol hingga rusaknya hubungan dengan orang sekitar. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda simak akibat dan bahaya alkohol dibawah ini.

Bahaya Alkohol bagi Kesehatan

  • Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan tubuh kekurangan sel darah merah, hingga terkena penyakit anemia
  • Tak hanya anemia, alkohol juga menjadi salah satu penyebab penyakit kronis berbahaya, kanker
  • Kecanduan alkohol dapat menurunkan daya ingat pikiran
  • Alkohol juga merusak sel pada hati, yang pada akhirnya akan berujung pada sirosis hati
  • Menyebabkan penyakit hipertensi, serta
  • Merusak sistem saraf dalam tubuh.

Akibat Alkohol bagi Kehidupan Sosial

  • Merusak hubungan sosial dengan masyarakat sekitar
  • Melahirkan tindak kejahatan kriminal, entah itu pada lingkungan keluarga hingga masyarakat
  • Kecenderungan untuk melakukan segala hal agar bisa mengkonsumsi alkohol, dan sebagainya.

Melihat akibat dan bahaya alkohol diatas, pasti membuat Anda bertanya-tanya mengapa masih ada saja orang yang menjadi pecandu dari minuman keras ini. Jika kami berikan jawabannya, maka penyebab seseorang menjadi pecandu alkohol adalah dikarenakan ganguan psikologi, tingkah laku, serta pergaulan yang salah.

Banyak orang yang mengalami gangguan kecemasan, depresi berkepanjangan, stres, melarikan pelampiasan ke minuman keras. Tingkah laku serta pergaulan yang salah dalam hubungan sosial juga menjadi faktor penyebab seseorang menjadi pecandu alkohol.

Nah, jika Anda memiliki teman atau anggota keluarga yang menjadi korban dari alkohol ini. Maka sudah sewajarnya kita untuk membantunya, carilah cara menyadarkan mereka dari perbuatan mabuk yang menyesatkan. Bahkan kalau bisa bantu mereka agar mampu mengatasi kecanduan alkohol pada dirinya tersebut.

Cara Menghilangkan Kecanduan Alkohol

 

Untuk menghilangkan kecanduan alkohol sendiri, sebenarnya tidak terlalu sulit. Asalkan dari pecandu itu sendiri memiliki niat yang benar-benar kuat ingin berhenti. Tak lupa juga dukungan dari keluarga dan orang sekitar, karena itu akan sangat membantu moral pecandu alkohol menjadi lebih baik.

Jika memang dari pecandu alkohol itu ingin berubah, maka dia perlu menerapkan beberapa kebiasaan sehat berikut agar bisa terbebas dari belenggu alkohol dan minuman keras.

Punya Keinginan Kuat Untuk Berhenti

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas bahwa untuk menghilangkan kecandual alkohol. Pertama yang harus dilakukan adalah keinginan kuat untuk berhenti. Punya komitmen untuk melaksanakannya, serta sadar bahwa minuman keras hanya akan membawa efek negatif saja.

Banyak Minum Air Putih

Selanjutnya dalam cara menghilangkan alkohol dalam tubuh dengan cepat adalah dengan banyak minum air putih. Air putih akan membersihkan dan menetralisir kandungan racun alkohol dalam tubuh. Dengan minum air putih sebanyak 2-3 liter sehari sudah cukup untuk melancarkan pembuangan racun alkohol didalam tubuh.

Konsumsi Makanan Sehat Bergizi

Cara mengatasi kecandual alkohol selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Jangan malah sering mengkonsumsi makanan junk food cepat saji. Ingatlah dalam tubuh sudah terdapat banyak racun alkohol minuman keras. Untuk menetralisirnya Anda membutuhkan makanan sehat bergizi, macam buah-buahan dan sayuran.

Konsumsi Vitamin B

Vitamin B berguna dalam mengatasi ketergantungan akan alkohol. Hal ini disebabkan karena vitamin B berperan penting dalam membantu mengurangi ketegangan fisik maupun psikis yang muncul selama proses detoksifikasi alkohol.

Olahraga Rutin

Salah satu penyebab seseorang menjadi pecandu alkohol dikarenakan gangguan psikologi macam stres, depresi, dan frustasi. Nah untuk mengatasi hal tersebut bisa Anda lakukan dengan melakukan olahraga rutin. Olahraga akan membantu mengeluarkan potasium yang dikeluarkan bersama keringat. Potasium inilah yang biasanya menjadi sumber dari stres, depresi, dan frustasi.

You may also like