Cemburu Menyiksa??? Hilangkan Cemburu Dengan Tips Jitu Ini

by Lisda Nurlaela
Tips Menghilangkan Rasa Cemburu

Cemburu – Rasa yang otomatis muncul disaat kita menyayangi seseorang. Tidak ada salahnya kita cemburu pada pasangan. Karena itu menandakan kita mempunyai rasa cinta, sayang dan takut kehilangan pada pasangan. Tapi inget jangan pernah cemburu tanpa alasan karena itu bisa memperburuk keadaan.

Cemburu bisa datang pada pasangan yang baru saja jadian ataupun pada hubungan yang sudah bertahun – tahun menjalin hubungan. Tidak jarang juga cemburu itu muncul di dalam hubungan seseorang yang sudah membina rumah tangga selama bertahun – tahun.

“Ibarat sayur tanpa garam”, mungkin ungkapan itu cocok untuk  rasa cemburu dalam sebuah hubungan. Cemburu bisa mempererat sebuah hubungan tapi juga dapat menyebabkan hubungan menjadi retak dan hancur. Di saat cemburu itu menimbulkan sebuah pertengkaran kecil, di situ Anda bisa mengenal lebih jauh sifat pasangan Anda. Tapi jika cemburu itu dibiarkan berlarut – larut akan menciptakan ketidak nyamanan pada pasangan Anda, yang akhirnya pasangan Anda memilih untuk pergi.

Cemburu bisa menyebabkan putusnya sebuah hubungan. Bagi mereka yang sudah membina rumah tangga tidak jarang sampai berceri gara – gara cemburu buta. Bahkan pada akhir – akhir ini sering kita lihat dan baca, banyak berita yang memberitakan seseorang tega menghabisi nyawa pasangannya karena cemburu. Terkesan sadis memang, tapi begitulah rasa cemburu yang berlebihan bisa menjadikan seseorang gelap mata dan tidak punya hati.

Tips Menghilangkan Rasa Cemburu

Pada dasarnya cemburu adalah pikirian negatif yang bersarang di pikiran tentang seseorang yang kita cintai. Rasa cemburu bisa datang pada siapa saja termasuk Anda. Jika rasa cemburu itu mulai menghampiri Anda mungkin Anda bisa mencegahnya dengan cara berikut :

Percaya Pada Pasangan

Percayalah dengan pasangan Anda, dengan menanamkan rasa percaya di hati bahwa Anda adalah satu – satunya cinta yang dimiliki oleh pasangan Anda, maka tidak ada kekhawatiran lagi dalam diri Anda. Anda akan merasa bahagia menikmati hubungan meski terpisah jarak dengan pasangan Anda tanpa adanya rasa cemburu.

Berfikirlah Positif

Berfikir positif pada pasangan itu sangat membantu mengatasi rasa cemburu. Karena dengan berfikir yang baik – baik pada pasangan bisa membuat Anda jauh lebih tenang dalam hubungan percintaan. Meski pasangan berada jauh, bila pikiran positif kita tanamkan maka rasa cemburu tidak akan pernah menyiksa kita.

Jangan Bersifat Berlebihan

Yang di maksud berlebihan di sini adalah kita terlalu over protektif bahkan bersifat terlalu arogan saat merasa cemburu. Tidak semua orang suka dicurigai, jangan biasakan Anda mencuri – curi informasi tentang pasangan seperti membuka – buka handphone saat pasangan sedang tidur ataupun saat handphone tertinggal. Bersikaplah sewajarnya, karena tanpa mengungkapkan rasa cemburu, pasangan pasti akan mengerti sendiri bahwa kita sedang cemburu.

 Jagalah Komunikasi Dengan Pasangan

Komunikasi dalam sebuah hubungan berperan sangat penting, karena dengan berkomunikasi kita bisa mengenal lebih jauh sifat dan karakter dari pasangan kita. Bicarakan hal – hal yang baik untuk hubungan kalian. Jika Anda tidak menyukai hal yang dilakukan oleh pasangan Anda, bicarakan langsung secara baik – baik agar pasangan Anda bisa mengerti.

Jujur Dengan Pasangan

Jujur apa adanya dengan pasangan tidak menjadi masalah, kalau memang kejujuran Anda itu tidak menuntut pasangan Anda untuk berubah atau mengekang pasangan. Seperti contoh Anda jujur tidak suka pasangan Anda berteman dengan si A, padahal si A itu teman pacar Anda dari kecil. Itu akan menjadi masalah besar karena setiap orang pasti mempunyai teman di masa kecilnya, dan terkadang sudah seperti keluarga sendiri. Emang si ada sebagian orang yang awalnya teman jadi cinta, tapi tak semuanya seperti itu.

Dampak negatif dari cemburu yang berlebihan

Cemburu juga merupakan suatu sifat emosional yang muncul saat ada orang ketiga dirasa mengganggu hubungan. Rasa cemburu itu muncul karena rasa takut kehilangan pada seseorang.

Berikut adalah dampak negatif yang ditimbukan oleh rasa cemburu :

Menyakiti Pasangan

Rasa cemburu yang berlebihan sangatlah merugikan bagi kedua belah pihak. Di saat kita mencurigai pasangan dan pasangan kita tidak melakukan kesalahan yang seperti kita tuduhkan, itu akan menjadikan pertengkaran. Secara pribadi pasangan merasa kita tidak mempercayainya dan jika itu berlangsung terus – terusan pasangan akan merasa kesel dan sakit hati, yang ujung – ujungnya pasangan akan memilih pergi dari kita.

Kesepian

Tidak jarang saat kita cemburu dengan pasangan akan menyebabkan pertengkaran yang berujung dengan putusnya komunikasi sementara. Kita dibiarkan sendiri oleh pasangan, telpon tidak diangkat smspun tidak di bales. Jika pertengkaran itu terjadi dalam rumah tangga Anda, ada kemungkinan besar Anda dibiarkan tidur sendiri.

Mudah Marah

Rasa cemburu yang muncul terkadang membuat emosi seseorang menjadi tidak terkontrol. Menjadi mudah marah dan orang – orang yang berada di dekatnya menjadi pelampiasan kemarahanya. Dan itu sangat merugikan diri sendiri.

Menjadi Tidak Sehat

Saat cemburu cemburu datang melanda terkadang nafsu makan menjadi berkurang. Saat badan kurang akan asupan makanan di situ kesehatan menjadi menurun. Cemburu yang berlebihan juga membuat badan menjadi males gerak, cuma menghabiskan waktu dengan duduk melamun ataupun tidur.

Menyiksa Diri

Cemburu itu tidak seharusnya kita rasakan karena itu hanya akan merugikan diri sendiri. bagaimana tidak, saat cemburu itu membaluti hati belum tentu kecemburuan itu benar terjadi, karena cemburu datang saat kita mempunyai pikiran negatif pada pasangan, padahal pasangan kita tidak melakukan hal itu.

You may also like