Cara Menghilangkan Bicara Terlalu Cepat dan Tidak Jelas

by Lisda Nurlaela
Cara Menghilangkan Bicara Terlalu Cepat dan Tidak Jelas

Cara Menghilangkan Bicara Terlalu Cepat dan Tidak Jelas Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa dirinya berbicara terlalu cepat. Yang mereka rasakan hanyalah normal ketika berbicara, padahal lawan bicaranya sama sekali tidak mengerti apa yang mereka katakan.

Jika Anda merasa bahwa diri Anda bicara terlalu cepat, tapi masih ragu akan hal tersebut. Cobalah untuk merekam pembicaraan Anda tersebut, setelah terekam dengarkan secara seksama dan berulang-ulang. Anda akan memahami apakah Anda berbicara terlalu cepat atau tidak.

Lalu sebenarnya apa penyebab orang bicara terlalu cepat? Penyebab bicara tidak jelas dan terlalu cepat memang bervariasi pada setiap orang. Ada yang dikarenakan faktor lingkungan ia tumbuh dan berkembang. Ada juga yang dipengaruhi oleh faktor psikologi dari orang itu sendiri.

Tapi kembali lagi intinya adalah, bicara cepat terjadi karena kebiasaan itu telah tertanam dalam pikiran bawah sadarnya,  sehingga tanpa disadari saat ia berbicara, ia berbicara dengan nada yang terlalu cepat.

Cara Menghilangkan Bicara Terlalu Cepat Agar Jelas

Kami yakin sebagian dari Anda menganggap bahwa kebiasaan bicara terlalu cepat adalah hal biasa dan tidak perlu dibesar-besarkan. Ya, memang benar bahwa bicara cepat adalah masalah yang kecil. Tapi sadarkah Anda bahwa masalah kecil ini bisa menjadi penyebab masalah besar lainnya.

Bicara cepat akan membuat pembicaraan menjadi tidak jelas dan Anda tidak bisa mengungkapkan apa maksud sebenarnya. Belum lagi ejekan bagi mereka yang bicara terlalu cepat. Jadi sepatutnya masalah ini membutuhkan solusi segera untuk mengatasinya.

Jika Anda menginginkan cara berbicara dengan jelas beserta artikulasi yang lancar. Maka Anda berada ditempat yang tepat, karena kami akan memberitahukan bagaimana cara melatih artikulasi bicara serta mengatasi kebiasaan bicara terlalu cepat. Simak saja selengkapnya dalam cara berbicara dengan jelas berikut.

Hilangkan Rasa Malu dan Jadilah Lebih Percaya Diri

Faktor penyebab bicara terlalu cepat terbanyak dikarenakan oleh kurangnya percaya diri serta memiliki rasa malu yang berlebihan. Maka langkah pertama yang bisa ambil dalam mengatasi kebiasaan berbicara terlalu cepat adalah lebih percaya diri dan menghilangkan rasa malu tersebut.

Caranya bisa Anda lakukan dengan latihan mental, melatih mental Anda agar bersiap menghadapi segala tantangan yang didepan. Selain itu jua bisa dengan latihan berbicara didepan cermin seolah-olah Anda berbicara dengan orang lain. Secara bertahap Anda akan mampu untuk berbicara dengan jelas.

Memperbaiki Intonasi serta Artikulasi Bicara

Berikutnya dalam cara menghilangkan bicara cepat adalah dengan memperbaik intonasi serta artikulasi berbicara. Pahamilah bahwa berbicara pasti ada intonasi serta artikulasinya, bukannya lurus terus seperti jalan tol.

Untuk memperbaikinya bisa Anda lakukan dengan melatih artikulasi bicara beserta intonasinya. Prakteknya bisa dilakukan sendiri ataupun dengan orang lain. Lakukan hal ini secara berulang-ulang, maka Anda akan mampu untuk berbicara secara jelas.

You may also like