Cara Menghadapi Anak Nakal, Bandel, dan Susah Diatur

by Lisda Nurlaela
Cara Menghadapi Anak Nakal

Cara Menghadapi Anak Nakal, Bandel, dan Susah Diatur,- Urusan mendidik anak memang kewajiban orang tua, tapi terkadang saking nakal, bandel serta sulit diatur tingkah laku anak membuat banyak orang tua kewalahan. Jika Anda termasuk salah satunya, berikut ini akan membantu Anda mengatasinya.

Cara mendidik anak nakal, bandel, dan susah diatur memang tidak semudah membalikkan tangan. Dibutuhkan kesabaran serta tindakan yang tepat dalam menghadapi perilaku anak tersebut. Karena bila Anda salah langkah, akibatnya malah akan merugikan diri Anda sendiri.

Memang rasanya akan sangat kerepotan saat Anda melakukannya, apalagi saat tingkah laku anak sangat bandel dan sangat susah diatur. Tapi tetap saja Anda sebagai orang tua harus menghadapi kenakalan anak tersebut dengan baik dan benar. Jangan malah memilih jalan pintas lainnya macam kekerasan.

Cara Mendidik Anak yang Nakal, Bandel, dan Susah Diatur

Jika Anda bingung cara yang tepat dan benar dalam menghadapi tingkah laku kenakalan anak. Maka Anda ada ditempat yang tepat. Karena sesuai dengan janji kami diatas tadi, akan kami bagikan bagaimana cara menghadapi anak nakal dan susah diatur dengan baik dan benar, simak selangkapnya dibawah ini.

Lakukan Pendekatan Lembut Bukan Kasar

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan dalam cara mengatasi anak nakal, bandel, dan susah diatur adalah dengan melakukan pendekatan secara lembut. Jangan malah sebaliknya, melakukan pendekatan secara kasar. Karena hal tersebut malah akan memberikan efek negatif tidak seperti yang diharapkan. Misalnya menjadikan anak pemalu dan sulit bergaul.

Misalnya contoh anak yang berbuat kenakalan dan merengek ditempat umum. Tentunya bila Anda memarahinya pasti akan semakin membuat tingkah laku anak menjadi-jadi. Sebaliknya, jika Anda melakukannya dengan lembut dan tanpa paksaan akan membuat hati anak luluh dan menuruti kemauan Anda.

Jangan Sekali-kali Memberikan Predikat Nakal Pada Anak

Suatu predikat atau label nakal yang diterima anak malah akan semakin membuatnya merasa bahwa ia harus bertindak seperti predikat tersebut. Itulah sebabnya mengapa sangat kami sarankan kepada Anda untuk jangan sekali-kali memberikan predikat nakal pada anak.

Kurangi Sifat Memanjakan Anak

Kebanyakan besar anak nakal berasal dari kehidupannya yang biasa dimanjakan oleh orang tuanya. Kebiasaan selalu mendapat apa yang diinginkan dan orang tua selalu memenuhi kebutuhan, membuat sikap anak berubah menjadi nakal saat ada keinginannya yang tak terpenuhi. Jadi untuk mengatasi kenakalan anak, kami sarankan untuk mengurangi kebiasaan memanjakan anak Anda.

Coba Didikan “Hukuman dan Hadiah”

Berikutnya dalam cara menghadapi tingkah laku anak yang nakal adalah dengan mencoba didikan “hukuman dan hadiah”. Metode didikan anak ini akan memberika hukuman jika anak melanggar serta memberikan hadiah jika anak mematuhinya. Hadiah ini tentunya akan semakin membuat anak termotivasi untuk bersikap baik dan tidak nakal.

Kasih Contoh yang Baik

Jika Anda ingin mengubah tingkah laku anak yang nakal, maka tunjukan sikap yang baik dihadapan mereka. Kasih tahu anak mana tingkah laku yang benar dan mana tingkah laku yang salah. Jangan Anda mengharap anak tingkah lakunya baik jika Anda sendiri sebagai orang tua tidak pernah memberikan contoh yang baik.

Bekali Anak dengan Pendidikan Agama

Kebanyakan orang tua jaman sekarang lupa akan pentingnya pendidikan agama bagi moral dan sikap anak. Mereka lebih mementingkan pendidikan ilmu ilmiah pada anaknya. Padahal dengan pendidikan agama yang baik akan menjadi bekal dan benteng dalam menjaga tingkah laku akan sesuai dengan kaidah.

Itulah kiranya bagaimana cara menghadapi anak nakal, bandel, dan susah diatur yang bisa kami sampaikan. Memang benar bahwa dalam cara mendidik anak nakal menjadi baik dibutuhkan usaha lebih. Tapi jika Anda menerapkan cara diatas, secara bertahap tingkah laku anak akan berubah menjadi baik

You may also like