Cara Menampilkan Aplikasi yang Tersembunyi di Vivo

by Lisda Nurlaela
Cara Menampilkan Aplikasi yang Tersembunyi di Vivo

Secara umum ketika menginstal aplikasi di smartphone Vivo maupun brand lain, maka akan muncul ikon dari aplikasi tersebut di halaman menu maupun halaman depan. Hanya saja karena satu dan lain hal aplikasi yang terinstal perlu disembunyikan. Misalnya untuk mencegah anak dirumah memainkan aplikasi tertentu yang mungkin sifatnya “dewasa” atau berupa aplikasi game, karena khawatir anak kecanduan bermain game.

Memahami bahwa perangkat smartphone berbasis Android memiliki kemampuan untuk menyembunyikan aplikasi. Maka sejumlah orang kemudian mencoba berbagai cara menampilkan aplikasi yang tersembunyi di Vivo. Misalnya karena curiga pasangan memiliki kekasih lain atau ingin mengetahui aktivitas anak dengan perangkat smartphonenya.

 

Pilihan Cara Menampilkan Aplikasi yang Tersembunyi di Vivo

Terdapat sejumlah cara menampilkan aplikasi yang tersembunyi di Vivo yang bisa dicoba untuk menampilkan aplikasi-aplikasi yang sengaja disembunyikan. Berikut beberapa cara tersebut:

1. Lewat App Drawer

Aplikasi yang disembunyikan tentu akan tersimpan di suatu menu, dan PR-nya adalah menemukan menu penyimpanan ikon aplikasi tersebut. Salah satu cara termudah adalah lewat App Drawer yang disebut juga dengan istilah Laci Aplikasi. App Drawer ditampilkan di menu Home perangkat, biasanya terletak di bagian bawah tengah dan berbentuk lingkaran dengan tiga atau enam titik di dalamnya.

Silahkan klik tombol dengan titik tersebut, dan akan ditampilkan daftar semua aplikasi yang terinstal. Namun aplikasi yang disembunyikan tidak akan tampil disini. Silahkan klik titik tiga yang terletak di bagian pojok kanan atas, lalu pilih menu Hidden Icon atau Sembunyikan Aplikasi. Maka sistem akan menampilkan daftar menu yang disembunyikan.

2. Masuk ke Menu Pengaturan

Cara menampilkan aplikasi yang tersembunyi di Vivo selanjutnya adalah dengan masuk ke menu pengaturan. Silahkan masuk ke menu pengaturan di perangkat, dan cari menu Aplikasi. Setelah itu akan ditampilkan semua daftar aplikasi yang terinstal, lewat cara ini semua aplikasi yang disembunyikan juga akan ditampilkan.

Cara ini merupakan cara yang cukup mudah, karena menu Pengaturan sangat mudah diakses. Selain itu di dalamnya akan selalu menampilkan semua daftar aplikasi yang terinstal di perangkat. Sehingga hasil pencarian menjadi lebih lengkap dan tentunya akurat.

3. Lewat PlayStore

Beberapa aplikasi yang disembunyikan memang pada versi Android tertentu tidak akan tampil di Laci Penyimpanan. Sehingga untuk mengecek keberadaan aplikasi tersembunyi, selain di Laci Penyimpanan dan menu Pengaturan adalah ke PlayStore.

Jadi silahkan masuk ke PlayStore kemudian klik tiga garis horizontal di bagian pojok kiri atas. Lalu pilih menu Aplikasi dan Game Saya. Selanjutnya masuk ke pilihan menu Terinstal, maka akan ditampilkan daftar aplikasi yang sudah diinstal dan termasuk aplikasi yang disembunyikan.

 

Tiga pilihan cara menampilkan aplikasi yang tersembunyi di Vivo di atas tentu bisa diandalkan untuk mengetahui aplikasi apa saja yang disembunyikan. Namun, jika di dalam daftar aplikasi tersembunyi ini memang kosong. Yakni ketika daftar menu aplikasi yang ditampilkan sama persis dengan semua ikon aplikasi di halaman Home perangkat. Maka artinya pengguna memang tidak menyembunyikan aplikasi apapun.

Sebagai pembuktian, dianjurkan untuk mencoba semua cara di atas sehingga bisa melakukan perbandingan. Sebab seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa ada kemungkinan aplikasi yang disembunyikan tidak ditampilkan di Laci Penyimpanan. Namun tetap bisa dicek dengan cara lainnya.

Mencoba semua cara menampilkan aplikasi yang tersembunyi di Vivo yang disebutkan di atas tentu langkah paling tepat. Supaya bisa memastikan dengan detail bahwa memang tidak ada aplikasi mencurigakan yang disembunyikan oleh pengguna. Entah itu pasangan, anak di rumah, atau siapa saja.

Sumber: https://teknokuys.com/cara-menyembunyikan-aplikasi-vivo/

You may also like