Cara Membaca Ratusan Buku dalam Setahun. Membaca Buku Harus Jadi Rutinitas Harianmu Nih!

by Lisda Nurlaela
Cara Membaca Ratusan Buku dalam Setahun

Kamu suka membaca? Berapa buku yang kamu baca dalam satu tahun? Yuk, coba untuk baca 300 buku dalam satu tahun!

Membaca merupakan salah satu kegiatan positif yang sangat bermanfaat. Semakin kamu banyak membaca buku, semakin banyak pengetahuan yang kamu dapatkan. Melalui baca kamu bisa mengembangkan kecerdasan, kreativitas, dan pembelajaran. Banyak tokoh yang suka membaca buku sampai dalam setahun mereka bisa membaca lebih dari 300 buku. Bagaimana caranya? Berikut ada beberapa cara yang bisa memotivasi kamu untuk membaca 300 buku dalam satu tahun.

1. Suka membaca

Kamu tahu bahwa membaca dapat memberikan pengetahun dalam kehidupan kamu dan itu membuat kamu belajar banyak hal. Maka dari itu kamu jadinya suka membaca. Untuk bisa membaca lebih dari 300 buku, kamu hanya diperlukan untuk suka hal itu. Karena kamu tahu bahwa saat kamu lagi baca buku kamu juga lagi investasi di dalam hidup kamu. Jadi kamu pun tidak akan merasa terbebani.

2. Jadikan Prioritas

Karena kamu suka membaca, kamu tahu nilai-nilai yang kamu dapatkan dari membaca, akhirnya kamu menjadikan membaca buku sebagai prioritas kegiatan yang harus kamu lakukan. Hal itu akan membuat kamu akan selalu mencari cara untuk bisa kamu membaca tanpa melihat waktu dan tempat karena kamu ada kemauan untuk melakukan itu.

3. Baca setiap hari

Luangkan waktu kamu untuk membaca setiap harinya. Membaca tidak butuh waktu lama-lama, kamu bisa baca sekitar 30 menit sampai satu jam dalam beberapa kali dalam sehari. Kamu juga bisa membaca saat di jalan, waktu istirahat, dan sebelum tidur. Tapi untuk kamu yang ingin mendapatkan hal yang lebih besar, kamu bisa gunakan 80% harimu dengan membaca.

4. Mengurangi pengucapan

Kebiasaan yang kurang baik yang sering dilakukan adalah membaca sambil mengeja atau mengucapkannya. Dengan melakukan hal itu akan membuat kamu lama membaca. Latihan untuk gunakan mata kamu untuk membaca tanpa menyuarakannya.

5. Cari relevansi

Membaca sesuatu yang tidak bermanfaat untuk kamu sama buruknya dengan tidak membaca sama sekali. Daripada memilih buku yang tidak dapat kamu aplikasikan dalan kehidupan kamu, kamu harus fokus terhadap topik yang lebih signifikan sesuai dengan apa yang ingin kamu capai. Karena saat kamu membaca yang sesuai dengan yang kamu alami sekarang mampu membuat kamu bertumbuh dan berkembang.

6. Melakukan riset sebelumnya

Sebelum memilih buku kamu harus memilahnya. Lihat dari judul, cover, penulis, topik, dan temanya. Lihat dari daftar isi dan sinopsisnya. Jika ada sesuatu yang tidak kamu mengerti lebih baik kamu mencari tahu lebih dulu sebelum semakin jauh. Saat kamu sudah mengetahui mengenai buku tersebut, kamu sudah mampu memberi kesimpulan dari buku tersebut.

Membaca bukan suatu kompetisi. Bacalah buku karena kamu menyukai hal itu. Saat kamu menyukainya, berapa pun buku yang akan kamu baca pasti kamu menikmati setiap waktu yang kamu pakai untuk melakukannya. Selamat membaca dan budayakan gaya hidup membaca buku!

You may also like