Cara Berhenti Merokok Secara Alami dengan Cepat & Untuk Selamanya

by Lisda Nurlaela
Cara Berhenti Merokok Secara Alami

Cara Berhenti Merokok Secara Alami,- Kita semua tahu bahwa candu rokok memang sangatlah kejam. Banyak sekali akibat dan bahaya yang ditimbulkan dari merokok, mulai dari lingkungan hingga tubuh kita sendiri. Itu sebabnya mengapa banyak orang yang mencari tips berhenti merokok untuk selamanya.

Meski begitu, sepertinya kita masih meremehkan candu rokok ini. Memang benar banyak orang yang ingin menghilangkan kebiasaan merokok, tapi yang berhasil hanyalah sedikit, sisanya masih terjebak keinginan untuk merokok.

Alasannya pun bermacam-macam, ada yang karena takut akan efek serta akibat berhenti merokok, terpengaruh teman, hingga pecandu berat rokok yang merasa bahwa merokok sudah menjadi kebiasaan dan sulit untuk dilupakan.

 

Akibat Merokok dan Bahaya Rokok bagi Kesehatan

Jika Anda masih termasuk dalam kategori yang ragu-ragu untuk berhenti merokok. Alangkah baiknya Anda baca ini dulu, sebelum kita membahas bagaimana cara berhenti merokok. Dibawah ini merupakan rangkuman apa saja bahaya merokok dan akibatya bagi kesehatan tubuh manusia.

  • Meningkatkan risiko kanker pada tubuh
  • Merusak lapisan paru-paru pada tubuh
  • Rusaknya organ ginjal
  • Menyebabkan penyakit jantung
  • Tekanan darah serta denyut jantung yang tak normal
  • Menyebabkan penyakit stroke
  • Menyebabkan penyakit diabetes militus
  • Bagi perokok pasif, menyebabkan gangguan saluran pernafasan

Bagaimana pendapat Anda setelah melihat bahaya merokok bagi kesehatan diatas. Mengerikan bukan, bahkan efek yang Anda timbulkan tidak hanya pada diri Anda sendiri, tetapi juga dapat menularkannya kepada orang lain.

Sekarang, apa yang ingin Anda lakukan? Jika memang Anda ingin berhenti merokok secara permanen dan untuk selamanya. Silahkan simak baik-baik cara berhenti merokok secara alami dengan cepat berikut ini.

 

Cara Berhenti Merokok Secara Alami dengan Cepat

 

Teguhkan Niat

Langkah pertama dalam cara berhenti merokok total adalah dengan meneguhkan niat. Jika selama ini Anda hanya setengah-setengah saja dan tidak serius dalam berhenti merokok. Maka kini adalah saatnya.

Telah Anda lihat bahaya merokok diatas. Jadikanlah hal tersebut sebagai motivasi serta memperkuat niat Anda untuk berhenti merokok permanen. Jangan lupa pikirkan juga orang sekitar Anda yang akan terkena dampak jika Anda masih saja merokok.

Minta Dukungan Orang Terdekat

Jika niat Anda untuk berhenti merokok sudah kuat, kini saatnya untuk meminta dukungan kepada orang terdekat. Katakan pada mereka bahwa Anda ingin berhenti merokok, dan mintalah dukungan terhadap keinginan Anda tersebut.

Mulailah dengan Langkah yang Mudah

Jika Anda sudah melakukan dua hal diatas, kini saatnya untuk memulai langkah yang mudah dalam tips cara berhenti merokok. Tidak perlu yang berat-berat, apalagi sampai berlebihan. Karena hal itu malah hanya akan menyiksa Anda. Banyak cara mudah berhenti merokok yang bisa Anda lakukan. Semuanya tidak memerlukan usaha berlebih dan bisa dilakukan dengan mudah.

Mencari Kesibukan

Cara berhenti merokok dengan cepat selanjutnya adalah dengan mencari kesibukan. Menyibukkan diri akan membuat kita melupakan keinginan untuk merokok. Ini bisa Anda lakukan dengan bergabung dengan komunitas, beraktifitas, hingga kumpul dengan teman pada kegiatan yang positif.

Minum Air yang Banyak

Air sangat penting bagi tubuh, karena berfungsi sebagai cairan metabolisme tubuh serta menghilangkan racun yang mengendap ditubuh. Minum air ini bisa Anda lakukan sebagai cara agar bisa berhenti merokok. Sebab zat nikotin serta racun lainnya akan larut dan dibuang oleh cairan ini.

Hindari Kebiasaan yang Berujung Pada Rokok

Biasanya ada banyak kebiasaan yang menjadi penyebab orang merokok. Beberapa diantaranya adalah minum kopi, alkohol, ajakan teman merokok satu batang, dan lain-lainnya. Sebisa mungkin Anda sebaiknya menghindari hal tersebut, jika diajak teman untuk merokok meski hanya satu batang, tolaklah dengan halus. Itu akan menjadi pondasi Anda dalam berhenti merokok.

Istirahat yang Cukup

Cara berhenti merokok secara alami beriktnya adalah dengan istirahat yang cukup. Isirahat ini akan menyegarkan kembali pikiran dan tubuh Anda. Dengan pikiran dan tubuh yang segar Anda membantu Anda cepat berhenti merokok.

Itulah kiranya kiat-kiat tips cara berhenti merokok. Jika sudah melakukan cara diatas, dan Anda masih belum mampu berhenti merokok. Maka Anda berada dalam fase pecandu rokok berat, butuh cara berhenti merokok bagi perokok berat yang khusus. Salah satunya adalah dengan melakukan terapi berhenti merokok.

You may also like