Belajar dan Mesantren di Pondok Pesantren Nurul Firdaus

by Lisda Nurlaela
Pondok Pesantren Nurul Firdaus

Seiring dengan meningkatnya peminat sekolah sambil mesantren, pondok pesantren pun mulai banyak bermunculan di seluruh Indonesia. Tidak terkecuali dengan daerah Jawa Barat. Namun dari sekian banyak pondok pesantren tersebut, satu dari pesantren terbaik di Jawa Barat adalah Pondok Pesantren Nurul Firdaus.

Pondok Pesantren Nurul Firdaus

Pondok pesantren Nurul Firdaus adalah pondok pesantren yang cukup besar dan terkenal di Jawa Barat. Pondok Pesantren atau Ponpes yang beralamat di Dusun Panoongan Desa Kertaraharja, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis ini, berada di bawah naungan yayasan Hyptia Pawanteh.

Yayasan ini tidak hanya terdiri dari Pondok Pesantren Nurul Firdaus saja, namun juga menyediakan layanan pendidikan dari segala jenjang. Rudhatul Atfal (RA) Nurul Firdaus, Pendidikan Usia Dini (Paud) Nurul Firdaus, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Akhir dan Sekolah menengah Kejuruans Nurul Firdaus adalah jejeran layanan pendidikan yang tersedia.

Pesantren Nurul Firdaus dan sekolah-sekolah yang disebut sebelumnya sudah memiliki Standar Nasional Pendidikan (SNP). SNP adalah kriteria minimal yang harus dimiliki oleh semua jajaran lembaga pendidikan, yang berisi tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum NKRI.Mulai dari Standar Kompetensi lulusan; Standar Isi; standar proses dan lainya.

Pondok Pesantren Nurul Firdaus memiliki dasar pemikiran untuk membentuk generasi muda islam yang memiliki multi meta kecerdasan yang saling bersinergi antara kecerdasan intelektual (iQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). Dengan harapan meningkatkan tauhid, ibadah dan akhlak mulia.

Belajar dan Mesantren

Di lembaga pendidikan Nurul Firdaus yang merupakan Pesantren terbaik di Jawa Barat ini, anak tidak hanya mendapatkan pelajaran formal tetapi pelajaran agama dan spritual akan diberikan kepada anak. Hal ini tentu akan sangat membantu anak untuk memagari diri dan menjauh dari pengaruh buruk lingkungan modern saat ini.

Kegiatan harian yang dilakukan oleh anak akan didasari oleh pendidikan formal menurut jenjang pendidikan masing masing, dan kemudian akan diikuti oleh kegiatan yang bersangkutan dengan agama dan spiritual anak.Pendidikan formal adalah kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, kegiatan ekstrakulier pramuka, futsal, pencak silat dan lainya. Dan selebihnya adalah kegiatan pesantren yang terdiri dari sholat rutin berjamaah, mengaji al-quran dan sholat malam.

Pelajaran formal akan diberikan seperti layaknya pendidikan formal di sekolah. Dengan guru dan juga mata pelajaran yang sesuai dan memadai. Begitu juga dengan pendidikan spiritual yang diberikan sebagai pendidikan pesantren. Kyai, ustadz ataupun ustadzah akan menjadi pembimbing dalam kegiatan pembelajaran. Dengan begitu anak diharapkan mampu untuk belajar dan mesantren bersamaan.

Kenapa harus Pondok Pesantren Nurul Firdaus?

Sebelumnya tentu dengan semakin berkembangnya jaman, tidak heran jika orang tua memiliki kecemasan dalam perkembangan pendidikan dan juga sosial anak. Anak-anak memiliki kebebasan yang luar biasa. Mereka bisa mengakses internet dimana saja dengan mudah, dan pergaulan anak pun bisa menuju ke arah yang negatif.

Begitu pula dengan orangtua yang memiliki rutinitas yang padat. Kecemasan akan ketidak mampuan untuk memberikan yang terbaik untuk anaknya, dan juga mengawasi perkembangan anak akan selalu ada. Namun dengan lembaga Nurul Firdaus kebutuhan pendidikan formal dan spiritual bisa terpenuhi.

Pondok Pesantren terbaik di Jawa barat ini juga memberikan fasilitas asrama dan juga memiliki biaya pendidikan yang terjangkau dengan kisaran biaya sekitar satu jutaan. Meskipun biaya Pondok pesantren Nurul Firdaus ini terbilang murah, namun kualitas pendidikan yang diberikan layak dan tidak terbilang murahan.

Pondok pesantren ini juga memberikan beasiswa full untuk publik. Beasiswa tersebut adalah beasiswa pendidikan formal (RA,PAUD, SMP, dan SMK kesehatan) pendidikan non formal, LPBA dan Pondok pesantren. Jika anak anda memiliki prestasi, seperti prestasi 10, pernah mendapatkan prestasi tertentu, dll. Besar kemungkinan anak anda akan mendapatkan beasiswa belajar di lembaga pendidikan ini.

Sekian artikel ini saya tulis dengan harapan akan membantu para orangtua untuk mengetahui sedikit ulasan tentang pondok pesantren Nurul Firdaus ini. Saya harap dengan dikenalnya ponpes ini sebagai salah satu ponpes terbaik di Jawa barat, akan membantu orangtua untuk mempertimbangkan anaknya untuk belajar di lembaga tersebut. Terima kasih.

 

You may also like