Begini Cara Tepat Menyimpan Kue-Kue Lebaran Supaya Lebih Tahan Lama

by Lisda Nurlaela
Begini Cara Tepat Menyimpan Kue-Kue Lebaran Supaya Lebih Tahan Lama

Biasanya sesudah Lebaran selesai, kue kering dan cakes masih banyak tersisa. Dan kita, para mama, pasti berusaha keras supaya semua kue baik kering maupun basah bisa habis tandas tanpa basi kan, Ma? Sayang banget dong, kalau sampai basi.

Agar lebih awet, dan kelezatannya dapat tetap bisa dinikmati bersama, lakukan trik-trik penyimpanan kue dan cake berikut ini nih, Ma.

Cara menyimpan kue kering

1. Biarkan kue dingin lebih dulu

Kalau kue-kue tersebut Mama bikin sendiri, biarkan dingin dulu, Ma, sebelum dimasukkan ke dalam wadah. Jika kue masih dalam keadaan panas, maka akan terjadi penguapan di dalam wadah, yang menyebabkannya menjadi lembap dan membuat kue jadi cepat lembek.

2. Pilih wadah kedap udara

Semakin kedap udara, semakin baik karena kue akan tetap renyah dan lebih awet. Kalau wadahnya berupa kertas karton tebal, bungkus dulu kue keringnya dalam plastik dan ikat rapat-rapat.

3. Keringkan wadah

Sebelum memasukkan kue, pastikan dulu wadahnya benar-benar kering ya, Ma. Jangan sampai ada air sedikit pun dalam wadah tersebut. Kelembapan akan membuat kue kering yang renyah menjadi lembek.

4. Lapisi dengan garam bungkus

Kalau Mama nggak punya silica gel, Mama bisa menggantinya dengan garam yang dibungkus dalam kain kecil. Garam bersifat menyerap kelembapan, sehingga akan menjaga wadah tetap kering.

Bungkus 1 – 2 sendok teh garam dengan kain bersih, ikat rapat, dan masukkan ke dalam stoples, baru deh susun kue keringnya.

5. Simpan di tempat kering

Hindari menyimpan kue-kue kering ini dekat dengan makanan lain yang berbau menyengat, Ma, misalnya seperti dekat tempat penyimpanan terasi, durian, atau nangka.

 

Menyimpan Cake

Nah, untuk kue-kue basahnya, lakukan cara-cara ini untuk menyimpannya agar lebih awet, Ma.

1. Simpan dalam lemari es

Paling aman sih menyimpan cake atau kue basah di lemari es, Ma.

Bungkus lebih dulu ya, dengan aluminium foil, lalu masukkan ke dalam wadah kedap udara. Simpan di lemari es deh. Wadah kedap udara tersebut dipakai untuk menghindari kue terkontaminasi aroma makanan yang lain yang ada di lemari es, Ma.

2. Lembapkan lagi

Suhu di lemari es akan membuat kue menjadi kering.

Nggak perlu bingung. Mama bisa melembapkannya kembali kok. Caranya adalah dengan menciprati permukaan kue dengan air matang, atau lapisi permukaannya dengan irisan apel. Atau bisa juga dengan menggunakan irisan roti tawar yang ditata di permukaan kue tersebut. Dalam dua hari, kue akan lembap kembali, Ma.

3. Keringkan di oven

Nah, kalau setelah dilapisi buah, kuenya jadi terlalu lembap atau basah, Mama harus mengeringkannya lagi deh. Hahaha. Jadi bolak balik ya, Ma. Ya enggak apa-apa, Ma, yang penting kan bisa kembali enak kan ya? Nah, untuk mengeringkan kue basah yang terlalu lembek, Mama bisa memanaskannya di dalam oven dengan suhu 120 derajat Celcius. Nggak perlu lama-lama, Ma. Cukup 2 – 3 menit saja.

Nah, gimana, Ma? Dengan cara-cara tersebut di atas, kue dan cake Lebaran pasti akan tetap enak sampai gigitan terakhir deh.

Selamat menyambut Lebaran ya!

You may also like