Beberapa Jenis Nasi yang Wajib Anda Ketahui!

by Lisda Nurlaela
Nasi Kebuli

Indonesia sebagai Negara agraris di mana produk yang diandalkan adalah hasil pertaniannya. Salah satu hasil pertanian yang sangat diunggulkan adalah nasi. Maka tak heran, 95% penduduk Indonesia  mengonsumsi nasi untuk memenuhi kebutuhan energinya.

Selain bersifat agraris, Indonesia juga terkenal dengan kepulauannya, sehingga memiliki banyak suku dan etnis yang berbeda satu sama lain. Berbeda suku, maka berbeda adat dan makanan pokoknya. Ada satu suku yang menjadikan nasi sebagai makanan pokoknya, ada pula yang menggunakan olahan ketela sebagai sumber pangannya.

 

Beberapa Jenis Nasi Wajib Anda Tahu

Nah, kali ini kami akan memberikan informasi dan pengetahuan kepada anda mengenai beberapa jenis nasi yang wajib anda ketahui, khususnya di Indonesia. Simak ulasannya berikut ini!

Nasi Uduk

Olahan jenis nasi dari Indonesia yang pertama adalah nasi uduk. Nasi yang memiliki cita rasa yang gurih dan aromatik ini awalnya berasal dari Jakarta, namun kini telah terkenal dan tersebar hingga ke seluruh pelosok negeri. Untuk daerah jawa timur, nasi uduk ini dikenal dengan nama ‘’Sego Gureh’’.

Untuk membuat nasi uduk ini caranya cukup mudah yaitu dengan memasak nasi dari jenis apapun menggunakan air santan, dan bukan air biasa. Selain itu, tambahkan daun pandan atau kemangi untuk menambah cita rasa dan aroma.

Nasi uduk ini biasanya disajikan dengan olahan tempe orek, dadar telur, ayam suwir, lalapan sayur, serundeng, dan sambal.

Nasi Kuning

Siapa di sini yang tidak pernah makan nasi kuning? Pasti semua orang pernah mengonsumsinya atau hanya sekedar mengetahuinya. Sesuai dengan namanya, nasi kuning memang memiliki tampilan nasi yang berwarna kuning. Warna kuning tersebut diambil dari rempah-rempah berupa kunyit yang telah diparut dan diambil sarinya. Selain itu, dalam proses menanaknya, nasi kuning ini menggunakan air santan agar lebih gurih dan harum. Tak lupa potongan daun pandan dimasukan untuk penyedap aroma dan cita rasa yang khas.

Nasi kuning ini biasanya digunakan sebagai hidangan untuk acara hajatan, syukuran, dan lain sebagainya. Dalam proses penyajiannya, nasi kuning ini biasanya disandingkan dengan tempe oseng, perkedel, telur dadar suwir, ayam goreng, serundeng, dan lain sebagainya tergantung selera.

Nasi Jagung

Referensi jenis nasi selanjutnya yang wajib anda coba adalah nasi jagung. Berbeda dengan kedua jenis nasi di atas yang menggunakan beras, nasi  jagung menggunakan jagung sebagai bahan utamanya. Bagaimana cara membuatnya? Tenang saja, caranya cukup mudah sehingga anda dapat mencoba membuat sendiri di rumah.

Pertama-tama siapkan jagung dewasa yang ingin anda jadikan nasi jagung, untuk proses coba-coba gunakan 5 buah jagung dewasa ukuran besar. Ambil biji jagung dengan cara dipipil secara manual atau menggunakan mesin. Setelah selesai, haluskan biji jagung hingga menjadi tepung, boleh ditumbuk secara manual atau mesin. Tepung inilah yang nantinya akan diolah menjadi nasi jagung.

Nasi jagung paling cocok disajikan dengan krawu atau sayur yang diolah dengan bumbu kelapa dan ikan asin atau juhi.

Nasi Kebuli

Jenis nasi terakhir yang wajib anda ketahui dan coba adalah nasi kebuli. Pada awalnya nasi kebuli berasal dari timur tengah, namun kini telah menjadi makanan yang merakyat di Indonesia. Cara pembuatan nasi kebuli cukup mudah yaitu dengan menanak nasi menggunakan air kaldu daging kambing atau susu kambing. Apabila sulit untuk mendapatkan susu kambing, anda dapat menggunakan santan kelapa.

Selagi menunggu nasi matang, anda dapat menyiapkan daging kambing beserta bumbu rempahnya seperti lada hitam, cengkeh, bawang, jintern, ketumbar, kayu manis, pala, kapulaga, dan minyak samin. Tumis daging kambing tersebut bersamaan dengan nasi kebuli. Sajikan nasi kebuli selagi hangat dan tambahkan asinan nanas untuk menambah rasa segar.

Apabila terlalu sulit, anda tetap dapat menikmati kenikamatan ini dengan pesan nasi kebuli di restoran timur tengah langganan anda.

Demikian ulasan mengenai beberapa jenis nasi yang wajib anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

 

You may also like