Aplikasi Perekam Layar Android

by Lisda Nurlaela
Aplikasi Perekam Layar Android

Kadangkala terdapat aktivitas yang sedang ada dilayar smartphone yang perlu direkam, seperti ketika sedang melakukan video call atau menemukan tips atau hal menarik dari sebagian video yang sedang diputar atau sedang dilihat atau ketika ingin membuat demo dari aplikasi yang sedang dirancang, dan lain sebagainya. Namun tidak semua smartphone dilengkapi dengan fitur untuk merekam aktivitas layar Android sehingga perlu menginstal aplikasi tambahan untuk hal tersebut. Berikut ini adalah beberapa aplikasi perekam layar android yang bisa dicoba.

 

AZ Screen Recorder

Pertama ada aplikasi AZ Screen Recorder yang sangat direkomendasikan untuk diinstall jika ingin memiliki aplikasi untuk merekam aktivitas di layar. Tampilannya sederhana namun sudah cukup lengkap dan memadai fiturnya serta bisa di kustomisasi. Juga tidak memerlukan root untuk menginstallnya. Aplikasi yang dibuat oleh Herocat ini juga ringan, hanya berukuran 17,5 MB saja dan bisa digunakan di berbagai jenis dan merk smartphone. Pada aplikasi keluaran terbarunya akan memerlukan OS (Operation System) minimal Android 5.0+, aplikasi ini didesain dengan user interface yang mudah penggunaannya dan bebas watermark, namun kadang terjadi glitch. Aplikasi AZ Screen Recorder ini telah dipergunakan oleh lebih dari satu juta penggunanya di seluruh dunia. Mudah digunakan dan tersedia fasilitas untuk membuat video dengan kualitas HD dan juga Full HD pun bisa, bisa juga melakukan pause serta resume pada saat sedang merekam video. Video yang direkam akan dengan secara otomatis tersimpan di galeri. Bisa pula dikustomisasi untuk mengatur resolusi video sesuai selera dan juga untuk frame ratenya dan juga bit ratenya serta juga untuk orientasi layarnya dan juga kapan waktu untuk berhenti, juga untuk share, serta untuk menghapus rekaman videonya. Pada versi pro nya,  aplikasi AZ Screen Recorder ini dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan, yakni seperti fitur tombol ajaib, dan tanpa adanya iklan, serta ada juga fitur untuk countdown timer, dan lain sebagainya, lebih lengkap lagi. Meski demikian fitur-fitur pada versi gratisnya juga sudah cukup lengkap dan memadai.

 

Super Screen Recorder

Kemudian ada lagi aplikasi Super Screen Recorder yang dirancang dengan tampilan User Interface yang bagus sekali, juga sudah user friendly sehingga akan sangat mudah digunakan. Lalu juga dengan adanya fitur edit video yang makin melengkapi penyediaan fiturnya. Aplikasi ini tidak memerlukan root. Ada yang menarik lagi, yakni aplikasi super screen recorder ini tidak menetapkan batas waktu dalam merekam layar. Aplikasi Super Screen Recorder ini menyediakan kualitas rekaman, dan frame rates, serta bit rates yang tinggi. Juga dapat melakukan pause serta resume pada saat sedang merekam, demikian pula bisa untuk menyembunyikan floating windowsnya. Lalu ada juga fitur untuk  Facecam, dan GIF Maker, serta tool brush untuk mengedit klip hasil rekaman. Aplikasi ini juga bebas watermark, meski jika mau terdapat juga pilihan untuk mengaktifkan fungsi fitur watermarknya. Aplikasi perekam layar android ini dapat didownload gratis di playstore.

Nah itulah aplikasi perekam layar Android yang bisa dicoba.

Sumber : https://bandoppler.com/

 

You may also like