Aplikasi-Aplikasi Gratis Pendeteksi Judul Lagu Tanpa Perlu Mengetahui Liriknya

by Lisda Nurlaela
Aplikasi Gratis Pendeteksi Judul Lagu

Earworms merupakan saat di mana sebuah lagu terjebak dalam pikiran kamu seharian. Hal yang paling mengganggu dari hal ini adalah jika tidak bisa mengetahui lagu apa itu dan liriknya bagaimana.

Setiap orang, termasuk kamu mungkin sering atau pernah mengalami hal yang satu ini. Sebuah melodi atau bagian lagu yang stuck di pikiran kamu seharian, tapi kamu tidak tahu judul lagu atau bagian yang lainnya. Jika kamu tahu sedikit liriknya mungkin akan lebih mudah untuk mencari lagu tersebut di mesin pencari seperti Google. Tapi jika cuma melodi tanpa lirik, sudah pasti akan lebih susah. Nah, tenang-tenang, karena sudah ada teknologi yang maju. Sekarang sudah ada aplikasi yang membantu kamu mengidentifikasi lagu hanya dengan senandungan melodi. Apa saja aplikasinya? Kamu bisa lihat di bawah ini.

1. Shazam (Free, iPhone, Android, Windows Mobile, Blackberry)

Aplikasi ini dapat mengindentifikasi lagu dengan cepat dan akurat. Punya koneksi langsung dengan Facebook, Twitter, Spotify, dan Pandora membuat aplikasi ini dapat menerima setiap melodi lagu dan menemukan lagu sebanyak mungkin.

2. Soundhound (Free, iOS, Android)

Ada lagu yang terus kamu pikirkan, tapi tidak tahu namanya apa? Soundhound akan membantu kamu mengindentifikasi lagu hanya dengan senandungan atau menyanyikan sedikit lirik lagu. Kamu hanya tinggal menyanyikannya secara akurat agar lebih mudah untuk ditemukan.

3. Hound (Free, iOS, Android)

Masih serupa dengan Soundhound, aplikasi ini merupakan pencarian musik dan lagu tanpa harus mengetikan liriknya. Cara kerjanya sama dengan Apple-Siri. Kamu hanya tinggal ucapkan nama lagu atau penyanyi dan semua tentang penyayi dan lagu tersebut akan keluar.

4. MusiXmatch (Free, iOS, Android, Windows Phone)

MusiXmatch memiliki kemampuan untuk mengenali sebuah lagu dari sebuah lirik. Kamu bisa mencari sebuah lirik, menyimpannya, dan menyebarkan lirik tersebut, serta browsing lirik secara offline. Aplikasi ini juga bekerja sama dengan beberapa aplikasi music players untuk mendapatkan lirik lagu yang sesuai dengan apa yang kamu dengar.

5. Spotsearch (Free, Android)

Aplikasi ini hanya bisa didapatkan di Android. Spotsearch secara langsung terkoneksi dengan Spotify. Jika kamu menulis lirik lagu yang kamu cari, aplikasi ini akan langsung mengidentifikasi lagunya dan mengkoneksikan ke Spotify atau ke YouTube.

Nah, bagaimana aplikasi-aplikasi di atas bisa memudahkan mencari lagu yang kamu cari kan? Kalau kamu mengalami earworms dan tidak tahu judul lagunya, langsung saja download aplikasi tersebut di smartphone kesayangan kamu secara gratis.

You may also like