8 Pedoman untuk Membuat Rencana Pemasaran Bisnis

by Lisda Nurlaela
8 Pedoman untuk Membuat Rencana Pemasaran Bisnis

“Tidak ada orang yang kekurangan waktu untuk belajar, kecualai orang yang kurang menghoramti waktu yang bisa digunakan untuk belajar” –Whitney Griswold

Untuk membuat rencana pemasaran, Anda dapat menggunakan pedoman 8 P (Price, Product, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence, Parking). Berikut ini adalah penjelasan masing-masing komponen.

1- Price (Harga)

Penentuan harga dan margin keuntungan dengan mempertimbangkan harga bahan baku, transportasi, produksi, penyusutan, inflasi, dan komisi untuk marketing.

2 – Product (Produk)

Menentukan produk-produk apa saja yang akan dijual. Anda dapat memilih untuk memproduksi suatu produk tertentu, dapat pula berdasarkan hasil order atau permintaan dari konsumen.

3 – Place (Tempat)

Penentuan tempat untuk memasarkan produk Anda. Anda bisa mengandalkan kantor pemasaran, membuka showroom, mengikuti pameran, atau mengunjungi calon konsumen.

4 – Promotion (Promosi)

Tentukan sarana yang ingin Anda gunakan untuk beriklan (radio, televisi, koran, majalah, web/blog, Facebook, dll). Daftarkan bagaimana Anda akan beriklan, mempersiapkan logo, website, dan lain-lain.

5 – People (Orang-Orang)

Memperkerjakan SDM yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan untuk bagian pemasaran baik full time maupun part time, disesuaikan dengan area dan keahlian masing-masing.

6 – Process (Proses)

Melakukan proses penjualan bekerja sama dengan konsultan untuk mengembangkan dan menambah kemitraan.

7 – Physical Evidence (Tampilan Fisik)

Menunjukkan tampilan fisik bisnis Anda. Marketer, customer service, supervisor, manager, owner yang berpenampilan menarik, showroom yang bernuansa elegan, begitu juga dengan tampilan di media online akan dapat mempengaruhi pelanggan dalam memilih usaha yang Anda jalankan.

8 – Parking (Parkir)

Lokasi yang dekat dengan area parkir (baik milik sendiri ataupun jalan umum) akan memberi kemudahan pada pelanggan dalam memarkir kendaraannya.

You may also like