5 Ide Bisnis Sampingan untuk PNS (Pegawai Negeri Sipil)

by Lisda Nurlaela
5 Ide Bisnis Sampingan untuk PNS (Pegawai Negeri Sipil)---681 kata

5 ide Bisnis sampingan untuk PNS atau pegawai negeri sipil ini bisa menjadi salah satu inspirasi kamu  sebagai seorang PNS yang ingin menjalankan usaha sendiri. Karena kita tahu bahwa menjadi seorang PNS memiliki jam kerja yang tetap sehingga dapat memanfaatkan waktu luang untuk menjalankan usaha sendiri. Karena memiliki sebuah usaha dan aset yang bisa menghasilkan pasive income adalam impian banyak orang tak terkecuali para pegawai negeri sipil. Memang sering kita dengar bahwa menjadi PNS ialah  pekerjaan yang enak menurut sebagian orang dengan gaji pasti setiap bulannya, namun berbeda dari sudut pandang PNS yang memiliki jiwa bisnis. Bahwa yang namanya kerja sama saja dan memiliki sebuah bisnis ialah  merupakan tujuan utama, karena dengan memiliki sebuah bisnis sendiri tentu saja kita bisa lebih bebas memanfaatkan setiap waktu kita tanpa takut dikejar deadline karena kita yang mengatur semuanya.

Sering juga saya dengar bahwa menjadi seorang PNS tidak bisa menjadi kaya, menurut saya itu tergantung dari SDMnya. Karena saat ini mereka para PNS ternyata memiliki usaha sampingan yang dikembangkan disela-sela kesibukan mereka. Tak sedikit juga yang nekat mengundurkan diri karena melihat peluang bisnis yang mereka jalani sangat prospek dan potensial. Nah kalau masalah mengundurkan diri dari pekerjaan itu nanti yang jelas saat ini kamu  harus menemukan dulu usaha yang cocok untuk kamu  sebagai usaha sampingan yang tak mengganngu jam kerja kamu  sebagai pegawai negeri sipil.

5 Bisnis Sampingan untuk PNS Terbaru

Berikut ini Bisnis sampingan untuk PNS yang bisa kamu  pertimbangakan mana yang cocok untuk kamu  tanpa menganggu kewajiban kamu  sebagai seorang PNS.

1. Peluang Bisnis Katering Yang Potensial

Bisnis sampingan makanan bisnis katering ini sangat cocok dijalankan oleh ibu-ibu pegawai negeri yang memiliki keterampilan dan hobi memasak. Ketika tempat kerja atau kantor kamu  mengadakan rapat atau acara lain yang membutuhkan konsumsi, kamu  bisa mencoba menawarkan jasa usaha makanan kamu  pada acara tersebut. Kamu  bisa juga berpromosi melalui rekan-rekan kamu  dan membuat brosur atau banner.

2. Bisnis Sampingan Budidaya Ternak / Peternakan

Bisnis dibidang peternakan ini ialah  salah satu usaha yang cukup mudah untuk dijalankan dan tidak terlalu memakan waktu kamu . Usaha ini bisa mulai dijalankan dengan membeli beberapa anak ayam atau bebek beserta induknya dan kemudian dijual ketika sudah dewasa, atau kamu  bisa menjual telurnya saja. Kamu  bisa melakukan perawatan ternak kamu  yang lebih insentif saat sore hari atau di akhir pekan. Bila  kamu  kewalahan mengurusnya sendiri kamu  bisa menambah karyawan untuk membantu kamu , namun bila  kamu  memakai karyawan usahakan menambah lebih banyak lagi hewan yang kamu  ternak.

3. Bisnis Sampingan kerajinan tangan

Bagi kamu  yang punya kreativitas tinggi tidak ada salahnya mencoba usaha ini. Kamu  bisa memanfaatkan banyak benda yang tak terpakai untuk dijadikan kerajinan tangan. Contohnya seperti kerajinan dari tulang ikan, kerajinan tas dari plastik bekas, kerajinan boneka dari kain perca dan masih banyak lagi. Tak hanya dari bahan bekas saja kamu  bisa memanfaatkan berbagai macam produk baru untuk menambah kesan indah dan menambah nilai ekonomis produk kamu .

4. Bisnis Sampingan dari Budidaya Tanaman

Untuk kamu  yang suka atau memiliki hobi berkebun, tidak ada salahnya mengubah hobi kamu  itu menjadi sesuatu yang dapat memberikan keuntungan. Berkebun bisa dilakukan di pagi hari sebelum berangkat kerja, atau sore hari ketika kamu  pulang kerja. Dan akhir pekan bisa jadi pilihan yang tepat untuk merawat tanaman-tanaman kamu . Kamu  bisa mulai mencoba menanam tanaman obat atau tanaman hias, dan selanjutnya bisa ditawarkan kepada kolektor bunga dan pembuat obat-obatan herbal.

5. Membuka Toko Kelontong / Toko Keperluan Sehari-hari

Toko kelontong bisa jadi salah satu alternatif usaha sampingan kamu  yang juga cukup mudah dijalankan, kamu  bisa mempercayakannya pada istri kamu  untuk menjaganya dirumah serta menambah karyawan untuk membantunya bila  toko kamu  telah berkembang dan bisa menjual barang berskala grosiran untuk toko kelontong lainnya.

Nah demikianlah 5 Bisnis sampingan untuk pns yang bisa dijadikan inspirasi kamu  dalam memilih usaha sampingan yang tepat tanpa takut mengganggu kerjaan kamu  saat ini. Dan semoga beberapa Bisnis sampingan diatas ada yang membuat kamu  berminat, jangan lupa baca Bisnis lainnya di blog kami mungkin disalah satunya ialah  yang kamu  cari. Bila  kamu  masih pelajar tidak ada salahnya mencoba Bisnis sampingan untuk pelajar.

 

You may also like