5 Fungsi Payroll Bagi Perkembangan Perusahaan

by Lisda Nurlaela
Fungsi Payroll Bagi Perkembangan Perusahaan

Dalam sebuah perusahaan tentu memiliki berbagai macam permasalahan yang dirasa penting untuk diselesaikan secara baik. Mulai dari administrasi keuangan, pengembangan produk dan juga proses masuknya karyawan baru serta permasalahan yang lainnya. Dengan hadirnya software payroll menjadi salah satu cara untuk mengatasi berbagai macam permasalahan tersebut sehingga fungsi payroll dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Dengan penggunaan payroll dinilai penting untuk perusahaan seiring berkembangnya zaman. Pasalnya berbagai perusahaan akan saling bersaing untuk menyajikan sesuatu terbaik untuk konsumen maupun karyawannya. Karena keterbatasan perusahaan tidak bisa hanya fokus pada satu hal maka diperlukan teknologi sebagai jembatan menuju hasil akhir. Berikut beberapa manfaat payroll bagi perkembangan sebuah perusahaan.

1. Menghitung Gaji Karyawan

Fungsi payroll yang pertama adalah untuk menghitung gaji yang akan diterima oleh para karyawan perusahaan. Dimana gaji tersebut disertai dengan pengurangan jika terkena suatu potongan semisal asuransi atau yang lainnya. Dan juga disertai dengan tambahan jika karyawan sedang mendapat bonus atau yang lainnya. Dalam hal pengiriman gaji juga tidak perlu menggunakan cara manual.

Karena sistem akan dengan sendirinya melakukan penarikan dana perusahaan secara langsung dan mengirimkan ke rekening para karyawan. Payroll juga menyediakan dana ganti untuk biaya berobat selain dari bpjs.

2. Self Service

Melalui aplikasi payroll ini dapat membuat para karyawan bisa melakukan akses pada berbagai macam informasi perusahaan. Informasi tersebut meliputi jumlah gaji, potongan haji yang dilakukan, bonus, lama waktu kerja dan lain-lain secara lebih cepat dan mudah. Para karyawan juga dapat memanfaatkan payroll sebagai sarana untuk melakukan pengajuan sesuatu seperti pengajuan cuti.

Dimana pengajuan tersebut dulunya memiliki proses yang rumit dengan meminta surat permohonan serta pernyataan terlebih dulu kepada HRD. Namun sekarang sudah tidak lagi dengan menggunakan aplikasi payroll. Pasalnya selain para karyawan yang diuntungkan, pihak perusahaan juga lebih hemat tanpa mengeluarkan biaya untuk membeli kertas dan juga tinta.

3. Dapat Disesuaikan Dengan

Kebutuhan Perusahaan

Pada dasarnya setiap perusahaan memiliki kendala dan masalah masing-masing sehingga penyelesaiannya juga berbeda. Contohnya jika perusahaan masih terbilang kecil dan berkembang maka fitur yang diperlukan juga lebih sedikit jika dibandingkan dengan perusahaan yang sudah besar dan mendunia.

Perusahaan besar juga dapat menjalin kerjasama dengan pihak payroll yang terintegrasi dengan pengelolaan serta perencanaan terhadap sumber daya seperti absensi, penjadwalan, perizinan, dan juga hal lainnya.

4 Meminimalisir Jumlah Karyawan

Perusahaan yang memiliki banyak karyawan akan membuat koordinasi yang terjadi semakin tak beraturan. Pasalnya setiap karyawan memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing. sehingga dengan jumlahnya yang terlampau banyak terkadang menganggap enteng prioritasnya tersebut.

Dengan memanfaatkan sistem pada payroll dapat meminimalisir jumlah karyawan terutama yang berada di bagian administrasi. Untuk itu juga para karyawan harus kompeten dan mampu menguasai berbagai hal dalam bidang yang dinaungi.

5. Data Karyawan Aman dan Terintegrasi

Fungsi payroll berikutnya dapat dimanfaatkan untuk menjaga keamanan data Karyawan maupun data perusahaan. Diantara data tersebut meliputi identitas karyawan dan juga besar gaji yang diterima. Hal ini dinilai cukup rawan untuk disalah gunakan oleh orang yang tidak berhak. Selain bertugas menjaga keamanan data, payroll juga dapat mengintegrasi data perusahaan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Demikian pembahasan mengenai beberapa fungsi payroll yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan yang membutuhkan. Karena dengan menggunakan payroll selain dinilai lebih mudah dan hemat, juga keamanan data baik perusahaan maupun karyawan ikut terjaga pula.

 

You may also like