Pemilu, Pilpres

Surat Suara Tercoblos, Jokowi: Tak Ada Urusan sama Pemerintahan

Capres nomor urut 01 Joko Widodo menyebut pemilu tidak ada urusan dengan pemerintah. (Priska Sari Pratiwi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersuara terkait temuan surat suara yang sudah dicoblos untuk pasangan capres-cawapres 01 di Selangor, Malaysia, Kamis (12/4).

Jokowi menegaskan bahwa hal tersebut tidak ada sangkut paut dengan kepemerintahan. Menurutnya, persoalan tersebut adalah kewenangan penuh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebagai penyelenggara pemilu.

“Ingat ya ini urusan pemilu ini adalah urusannya KPU yang independen. KPU di luar negeri itu ada yang namanya PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri). Tidak ada urusan pemerintahan yang di sini, enggak ada,” ujar Jokowi di kawasan Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/4/2019).

BACA JUGA: Brem si Penemu Surat Suara Tercoblos di Malaysia: Kami Ingin Prabowo Pimpin RI!

Jokowi juga menegaskan penyelidikan soal surat suara yang tercoblos di Malaysia itu merupakan urusan Bawaslu. Dia menyebut persoalan itu bisa menjadi urusan Polri jika ditemukan unsur pidana.

“Ya seperti yang saya sampaikan ya, itu dicek saja dilakukan investigasi baik oleh Bawaslu baik oleh kepolisian,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengatakan, jika ditemukan pelanggaran, Bawaslu bisa melakukan penindakan. Polri juga diminta bertindak jika ada unsur pidana dalam kasus ini.

Ads

“Kalau ada yang dilanggar, Bawaslu bisa menindak, atau kalau ada pidananya, ya, Polri harus tegas. Polisi harus tegas melakukan tindakan hukum, itu saja,” tutur Jokowi.

BACA JUGA: Bawaslu Pastikan Surat Suara Tercoblos di Malaysia Adalah Asli

Sebelumnya, beredar video penemuan puluhan kantung warna hitam berisi surat suara untuk Pilpres 2019 yang telah tercoblos pada gambar Capres nomor urut 01 Jokowi – Ma’ruf Amin di Bandar Baru, Bangi, Selangor, Malaysia pada Kamis (11/4/2019).

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Mochammad Afifuddin kebenaran video itu. dirinya memastikan surat suara tercoblos yang ditemukan di Selangor, Malaysia, asli.

“Dalam konfirmasi jajaran kami, PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) sudah dipastikan dan dijawab huruf tebal, dia pastikan (surat suara tercoblos itu) asli,” kata Afifuddin dalam konferensi pers di Media Center Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Kamis (11/4/2019).

Loading...