Dunia

Presiden Jokowi Dipersilakan Masuk ke Dalam Ka’bah Saat Umrah

Foto: dok. istimewa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan memasuki ka’bah saat menunaikan ibadah umrah di Makkah, Arab Saudi, Senin (15/4) pagi. Dalam momen tersebut, Jokowi juga didampingi Ibu Negara Iriana beserta dua putranya, yakni Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep.

Potret Jokowi yang memasuki Ka’bah itu diunggah oleh Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Dalam foto itu, Jokowi tampak mengenakan kain ihram putih yang melangkah masuk ke Ka’bah.

Video lainnya memperlihatkan saat rombongan Presiden Jokowi hendak menuju Ka’bah. Tampak pasukan keamanan Arab Saudi dengan bergandengan tangan memberi pagar betis ke sekeliling rombongan. Sementara, sebagian jemaah umrah yang menyaksikan rombongan dari balik pembatas pendek tampak mengabadikan dengan kamera ponsel mereka.

Tentu tidak semua orang bisa bebas masuk ke dalam Ka’bah. Hanya tamu kehormatan saja yang diundang masuk oleh otoritas setempat. Selain Jokowi, orang yang pernah masuk ke dalam Ka’bah adalah Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta Presiden ke-2 Soeharto.

Ads

 

Sebelumnya, Jokowi dan rombongan tiba di Arab Saudi pada Minggu (14/4). Di hari itu pula, Jokowi berjumpa dengan Raja Salman di Riyadh. Hingga kemudian dilanjutkan pertemuan dengan Putra Mahkota Muhammad bin Salman.

Turut serta mendampingi Presiden, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel.

Loading...