Pemilu, Pilpres

[HOAKS] Neno Warisman Sebut Prabowo adalah Rasul Allah SWT

Netizen dihebohkan oleh unggahan tulisan dari akun Facebook Neno Warisman, yang mengklaim Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto sebagai Rasul Allah SWT.

Klaim yang diperiksa:

Akun Facebook bernama Neno Warisman dalam keterangannya mengklaim sebagai akun resmi artis lawas yang kekinian menjadi aktivis 2019 Ganti Presiden sekaligus anggota Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

BACA JUGA: Prabowo-Sandi Deklarasi Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024

Akun tersebut mengunggah tulisan yang kontroversial, yakni: Prabowo adalah Rasul Allah SWT. Semua muslim wajib memilih Nya. Jika kalian ingin masuk surga.

Tulisan itu diunggah akun Neno Warisman pada tanggal 14 April 2019 pukul 19.50 WIB.

Setelahnya, banyak warganet yang membidik layar unggahan itu dan disebar ulang ke media sosial lain maupun grup-grup WhatsApp.

[Facebook]

Fakta:

Seperti yang terlihat, Jumat (19/4/2019), akun Facebook Neno Warisman itu kali terakhir aktif pada tanggal 29 Agustus 2018.

Kala itu, ia mengunggah foto Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadi Zon yang disandingkan dengan foto tiga perempuan tengah mabuk. Tak ada unggahan tulisan seperti yang tersebar belakangan.

Selain itu, Jumat hari ini, Neno Warisman menyebar video klarifikasi melalui akun Facebook pendukung Prabowo – Sandiaga Uno bernama Rekat Indonesia.

BACA JUGA: Real Count KPU Sementara: Jokowi-Ma’ruf 58,43%, Prabowo-Sandi 41,57%

Berikut klarifikasi Neno Warisman:

Assalamualaikum wr wb

Kepada seluruh masyarakat, wabil khusus kaum mukmin, jangan sampai terpengaruh.

Hari ini ada keluar berita cukup lucu, karena saya tidak pernah ada bermain media sosial atau aktif di medsos, sudah sejak bertahun-tahun lalu.

Ads

Jadi jelas bahwa yang menulis di Facebook memakai akun bernama Neno Warisman, dengan tulisan: “Prabowo adalah rasul Allah SWT semua muslim wajib memilihnya jika kalian ingin masuk surga,” itu adalah akun palsu, dan sama sekali tidak benar. Jangan dipedulikan.

Saya tak pernah bermain dan atau aktif di media sosial. Jangan terpengaruh dengan berita kacangan seperti ini.

[Facebook]

Kesimpulan:

Tulisan Neno Warisman yang menyebut Prabowo sebagai Rasul Allah SWT tersebut diunggah oleh akun bernama Neno Warisman. Tapi, akun tersebut tidak mewakili atau dimiliki oleh Neno Warisman sendiri.

Diketahui sebelumnya, Neno Warisman, juga sempat merayakan kemenangan calon nomor urut 02 itu yang diklaim unggul dari hasil real count internal pilpres 2019 sebesar 62 persen. Melalui sebuah video yang beredar di media sosial, terlihat Neno meminta para pendukung untuk menyerukan takbiran.

Dalam video tersebut, Neno tampak berada di tengah kerumunan pendukung di dalam rumah Prabowo, di Kertanegara, Jakarta, Rabu (17/4) malam. Dengan sumringah, Neno mengaku sangat berbahagia atas kemenangan yang diraih Prabowo-Sandi.

Alhamdulillah, suasana di Kertanegara 4 semua sangat bahagia dengan kemenangan yang diraih Pak Prabowo-Sandiaga Uno,” ujar Neno.Ia meminta pada semua pendukung agar melakukan sujud syukur dan pergi ke masjid untuk mengumandangkan takbir.

Dengan wajah gembira semua bertakbir, seluruh rakyat, masyarakat, mari kita bersujud syukur yang beragama muslim. Yang beragama di luar muslim bersyukur dengan cara masing-masing, dan segera penuhi masjid-masjid bertakbir semuanya,” katanya.

Neno lantas mengumandangkan takbir persis seperti takbiran saat umat muslim menyambut hari raya Idul Fitri. Takbiran yang dikomandoi Neno itu diikuti sejumlah pendukung yang berada di dalam rumah Prabowo. Ia juga mengacungkan jari telunjuk dan ibu jari sebagai bentuk dukungan pada calon nomor urut 02 itu.

Rayakan Allahuakbar, Allahuakbar, Allahuakbar, laa illa hailallahu Allahuakbar, Allahuakbar walillahilhamd,” tuturnya.

Sejumlah netizen pun ikut berkomentar dengan menyindir bahwa lebaran datang terlalu cepat.

Salah satunya dicuitkan akun twitter,

@Nasrullahnaning, ’emang hilal sudah kelihatan? kok sudah lebaran’.

Sementara akun twitter @sravagenic mencuitkan ‘biarin aja mpok, dia mah kan lebarannya tiap hari’.

Loading...