Pemilu, Pilpres

Berpose 2 Jari, Dua Pengawas TPS di Makassar Dipecat

Dua Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kelurahan Parang Loe, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar dipecat karena berfoto sambil berpose dua jari. Foto/Istimewa

Dua Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kelurahan Parang Loe, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), dipecat. Keduanya diberhentikan lantaran berfoto sambil berpose dua jari yang identik dengan dukungan kepada pasangan capres-cawapres 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Salahuddin Uno.

Menurut Informasi, foto itu diambil usai mengikuti apel siaga di Lapangan Karebosi, Minggu (14/4/2019) pagi. Dalam gambar sebenarnya ada tiga anggota PTPS yang mengenakan rompi cokelat, topi hitam, bertuliskan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Namun salah satu dari ketiganya tak menunjukkan gesture apa pun.

Kepastian pemecatan itu disampaikan Komisioner Divisi Pengawasan Partisipatif Bawaslu Sulsel Saiful Jihad. Menurut Saiful, langkah pencopotan dua PTPS tersebut memang tepat. Penyelenggara yang terindikasi tidak netral harus ditindak.

“Bawaslu Makassar sudah bertindak cepat dan mengganti keduanya. Nanti malam, akan dilantik PTPS pengganti keduanya. Demikian info dari Bawaslu Makassar. Apa pun tindakan penyelenggara jika diindikasikan tidak netral maka mesti secara cepat dan tegas ditindak,” kata Saiful Jihad, Minggu (14/4/2019).

Saiful juga memastikan jika orang-orang dalam gambar, benar adalah jajaran pengawas.

“Yang bersangkutan pengawas TPS di Parangloe,” pungkas Saiful.

Ads

Ketua Bawaslu kota Makassar, Nursari juga membenarkan hal tersebut, bahwa PTPS yang ada dalam gambar tersebut dan berpose dua jari adalah jajarannya. Nursari kemudian menjamin, akan mengambil tindakan tegas untuk mengganti mereka.

“Pengawas TPS kami itu. Saya pastikan akan segera diganti. Mudah-mudahan tidak sampai besok penggantiannya,” pungkas Nursari.

Untuk diketahui, PTPS se-Sulsel dilantik serentak 25 Maret 2019. Mereka bekerja selama satu bulan hingga 24 April dan menerima honor Rp500.000.

Sebelumnya Bawaslu Kota Makassar menggelar apel siaga di hari tenang jelang hari pencoblosan Pemilu pada 17 April mendatang. Apel ini diikuti 3998 petugas TPS, 45 orang PPK, dab 153 PPL.

Loading...