Hukum

Berani Akui Kebohongannya, Amien Rais Sebut Ratna Sarumpaet Kesatria

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais memberikan kesaksian dalam sidang kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis (4/4/2019). Sidang tersebut beragendakan mendengarkan keterangan dari empat orang saksi salah satunya yaitu Amien Rais. (Issak Ramdhani / JawaPos.com)

Ketua Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN)  Prabowo-Sandi, Amien Rais menyebut bahwa Ratna Sarumpaet telah bersikap ksatria lantaran berani jujur atas kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks.

Hal itu disampaikannya usai memberikan kesaksian atas perkara berita bohong dan membuat keonaran terdakwa Ratna Sarumpaet di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2019). Dia mengaku, setelah Ratna mengakui perbuatannya, dia tidak komunikasi dengan Ratna Sarumpaet.

BACA JUGA: Soal Kasus Hoaks Ratna Sarumpaet, Amien Rais: Kami Tertipu

“Kalau saya pikirnya pendek. Mbak Ratna sudah akui kesalahan itu, ya artinya ya sudah, jadi mungkin kesatria lah. Itu sudah bagus, mengakui salah. Namanya orang pernah kepleset (berbuat salah),” ujar Amien dimuka sidang.

 

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais memberikan kesaksian dalam sidang kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis (4/4/2019). Sidang tersebut beragendakan mendengarkan keterangan dari empat orang saksi salah satunya yaitu Amien Rais.
Foto : Issak Ramdhani / Jawapos.com

Amien pun mengungkapkan, alasan dirinya bersama tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) menggelar konferensi pers di kediaman Prabowo Subianto pada Selasa malam tanggal 2 Oktober 2018. Konferensi pers itu merupakan bentuk keprihatinannya kepada Ratna Sarumpaet yang saat itu termasuk menjadi tim pemenangan capres cawapres nomor urut 02.

Ads

“Waktu itu terjadi pro kontra, foto-foto penganiayaan tersebar, dishare. Kami semua mengenal Bu Ratna adalah pejuang keadilan, aktivis NGO, namanya melekat sejak awal orde baru. Lalu kami mendengar dianiaya, lantas semua orang syok,” ujar Amien saat jalannya sidang.

BACA JUGA: Penuhi Panggilan Kasus Ratna, Amien Rais Datangi PN Jaksel

Sementara itu, Ratna meminta maaf atas kebohongan penganiayaan yang dibuatnya kepada Amien Rais. Ratna rasa terima kasih atas penerimaan maaf sambil mencium tangan Amien Rais. Ratna Sarumpaet juga mengatakan bahwa kesaksian yang disampaikan Amien Rais semuanya benar.

“Seperti yang disampaikan Pak Amien Rais, What’s Going on dengan saya?. Saya juga bingung, kenapa waktu itu saya berbohong,” tutur Ratna Sarumpaet menanggapi kesaksian Amien Rais.

Dalam perkara ini Ratna Sarumpaet didakwa melanggar Pasal 14 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana atau dakwaan kedua Pasal 28 Ayat (2) juncto 45A Ayat (2) UU 19/2016 tentang Perubahan atas UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Ratna didakwa telah membuat keonaran melalui berita bohong yang dibuatnya.

Loading...