Pemilu, Pilpres

Bawaslu Pastikan Surat Suara Tercoblos di Malaysia Adalah Asli

Konferensi pers soal surat suara yang tercoblos Malaysia di Media Center Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Kamis (11/4/2019) malam.

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Mochammad Afifuddin memastikan surat suara tercoblos yang ditemukan di Selangor, Malaysia, asli. Surat suara itu tercoblos untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden  No Urut 01 Joko Widodo – Ma’ruf Amin. Surat suara untuk pemilihan legislatif tercoblos untuk caleg dari Partai Nasdem.

Hal itu disampaikan Afifuddin setelah berkonfirmasi dengan jajaran Panwaslu Kuala Lumpur yang mendatangi lokasi penyimpanan surat suara tersebut.

“Dalam konfirmasi jajaran kami, PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) sudah dipastikan dan dijawab huruf tebal, dia pastikan (surat suara tercoblos itu) asli,” kata Afifuddin dalam konferensi pers di Media Center Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Kamis (11/4/2019) malam.

BACA JUGA: Amien Rais Bersama Massa FUI: Kalau KPU-Bawaslu Curang, Kita Buat Perhitungan

Selain itu, Afifuddin juga mengatakan telah mendapat kepastian berulang kali dari jajarannya di Malaysia, surat suara tercoblos di sana adalah surat suara untuk metode pemungutan lewat jalur pos.

“Kami juga memastikan berulang kali ke jajaran kami. Pertama pastikan apakah itu orientasi surat suara untuk pos, dijawab jajaran kami memang surat suara pos,” terangnya.

Maka dari itu, pengiriman tim dari KPU dan Bawaslu ke Malaysia bertujuan untuk memastikan lebih lanjut soal temuan itu.

Mereka juga akan menginvestigasi mengapa surat suara yang keluar dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), tidak sampai ke alamat tujuan pemilih. Melainkan malah mengendap dalam sebuah ruko kosong di Selangor, Malaysia.

“Yang ingin kita investigasi dan pastikan adalah kok bisa surat suara keluar dari KBRI nggak dikirim ke alamat?” ujar Afifuddin.

Ads

Apalagi, dari jumlah pemilih di Kuala Lumpur sebesar 558.873 jiwa, 319.293 di antaranya memakai metode pengantaran pos.

Sisanya, 112.536 lewat metode Kotak Suara Keliling (KSK), dan 127.044 lainnya mencoblos di 255 TPS yang tersedia.

Dengan besarnya jumlah pemilih yang menggunakan jalur pos, Afifuddin tak menutup kemungkinan terjadi potensi pelanggaran dalam prosesnya.

“Jadi terbesarnya malah melalui pos dan memang ada potensi di sini, sehingga kami pastikan nanti apakah dalam proses-prosesnya kemudian ada hal-hal yang dilanggar,” kata dia.

BACA JUGA: Amien Rais Ancam People Power, Jika Terjadi Kecurangan di Pilpres 2019

Untuk diketahui video penemuan puluhan kantung warna hitam berisi surat suara Pemilu 2019 tercoblos di Bandar Baru, Bangi, Selangor, Malaysia pada Kamis (11/4) beredar. Dalam video, puluhan kantung berwarna hitam tersebut berada di ruangan yang sudah tidak terpakai.

Sejumlah orang yang nampak di video menunjukkan surat suara dalam kantung. Ada coblosan di kolom paslon pilpres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Sebagian dari mereka juga menunjukkan surat suara calon anggota legislatif daerah pemilihan Jakarta II mencakup Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Luar Negeri. Surat suara yang ditunjukkan sudah tercoblos caleg partai NasDem.

Loading...