Pemerintahan

Anies Baswedan Bagikan 40 Ribu Kartu Lansia Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan Kartu Lansia Jakarta atau KLJ di Koja. (Foto: M Fida/detikcom)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan 40.419 Kartu Lansia Jakarta(KLJ) di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Amanah Komplek Jakarta Islamic Center, Koja, Jakarta Utara, Rabu (24/4/2019). Ia berharap dengan adanya kartu tersebut dapat membantu kesejahteraan warga Jakarta yang lanjut usia.

“Pembagian tahun 2019 jumlahnya 40.419 lansia, Kita merasa bersyukur warga Jakarta hari ini utamanya yang usia lanjut bisa sama-sama kita dukung, kita bantu kesejahteraannya. Yang hadir ini orang tua kita, bukan orang lain. Yang hadir yang dulu membesarkan, merawat mendidik kita semua,” kata Anies dalam sambutannya di Koja, Jakarta Utara.

Penerima KLJ adalah warga ber-KTP DKI Jakarta yang berusia di atas 60 tahun dan tidak memiliki penghasilan tetap atau tidak mampu sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan dasarnya, terlantar secara psikis dan sosial, dan sakit menahun dan atau hanya bisa terbaring di tempat tidur.

Lansia juga akan mendapat pendampingan untuk mengarahkan mereka dalam mengambil dana tersebut. Pendamping tersebut juga akan dimonitor.

“Nilainya Rp 600 ribu per bulan dan ini akan diberikan triwulan, kemudian mereka mengambil di kantor Bank DKI atau ATM Bank DKI,” tutur Anies.

Lansia yang mendapatkan Bansos PKD Lansia merupakan penduduk Provinsi DKI Jakarta telah terdaftar dan ditetapkan dalam Basis Data Terpadu (BDT). Untuk data lansia pada BDT Provinsi DKI Jakarta sebanyak 112.417 orang.

Tahun 2019 tersedia anggaran untuk Bansos PKD Lansia sebesar Rp. 291.016.800.000, dengan sasaran sebanyak 40.419 lansia penerima manfaat yang dibagi dalam dua tahap penyaluran.

Ads

Pertama, sebanyak 28.420 lansia yang telah mendapatkan Kartu Lansia Jakarta di tahun 2018 secara otomatis telah menerima dana bansos PKD lansia dan menarik dananya melalui ATM Bank DKI dari Januari – Maret 2019

Sedangkan Kartu Lansia Jakarta yang baru, akan didistribusikan kepada 11.999 Lansia penerima manfaat baru yang telah melalui proses verifikasi dan validasi Basis Data Terpadu (BDT) didistribusikan dimulai hari ini untuk 5 wilayah kota administrasi.

Pembagian KLJ ini sesuai dengan Pergub Nomor 142 tahun 2018 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang bersumber dari APBD dan Pergub Nomor 193 Tahun 2017 tentang Pemberian Bantuan Sosial Untuk pemenuhan Kebutuhan Dasar Bagi Lanjut Usia.

Hadir pula dalam pembagian KLJ yaitu Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah, Wali Kota Jakarta Utara Syamsudin Lologau, dan Ketua Tim Penggerak PKK Fery Farhati.

 

Loading...