Pengacara: Timses Prabowo Tak Pernah Besuk Ratna Sarumpaet Selama Ditahan

Kategori: Hukum Pada: . Topik: ,

Aktivis Ratna Sarumpaet (tengah) dengan rompi tahanan. [ANTARA FOTO/Reno Esnir]

Jurnalpolitik – Pengacara Ratna Sarumpaet, Insank Nasruddin, menyebut kliennya tidak pernah dijenguk oleh tim sukses Prabowo Subianto-Sandiaga Uno selama ditahan di Polda Metro Jaya, atas kasus penyebaran berita bohong atau hoaks.

Sebelum menjadi pesakitan di Polda Metro Jaya, Ratna diketahui pernah menjabat sebagai juru kampanye nasional Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

BACA JUGAPolisi: Ada Kemungkinan Tersangka Baru Kasus Hoaks Ratna Sarumpaet

“Pada prinsipnya timses itu enggak ada (menjenguk). Tidak ada yang menjenguk,” ujar Insank di Polda Metro Jaya, Kamis (31/1).

Ratna Sarumpaet dicoret sebagai juru kampanye nasional BPN Prabowo-Sandi setelah mengakui telah menyebarkan kabar bohong atau hoaks tentang penganiayaan yang diterimanya di Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Sebelum Ratna mengakui, Prabowo sempat mengadakan konferensi pers untuk menyikapi penganiayaan yang dialami Ratna.

Pengungkapan hoax tersebut berbuntut penahanan Ratna Sarumpaet. Dia ditahan di Mapolda Metro Jaya.

Selama proses penyidikan, polisi sudah dua kali memperpanjang masa penahanan Ratna Sarumpaet. Terakhir, masa penahanan Ratna Sarumpaet diperpanjang hingga 1 Februari 2019.

Berkas Ratna kemudian dinyatakan lengkap pada Rabu (30/1/2019) kemarin. Siang tadi, Ratna Sarumpaet diserahkan ke Kejaksaan Negeri Jaksel.

BACA JUGAAtiqah Hasiholan: Ibu Saya Tak Pernah Sebarkan Hoax Penganiayaan ke publik

Kejari Jaksel kemudian menitipkan penahanan Ratna di Rutan Polda Metro Jaya.

“Kemudian kalau dipindahkan di sini (Polda Metro Jaya) menyangkut permohonan kami, udahlah di sini aja, gitu aja kok pada prinsipinya,” tandas Insank.

Ia menuturkan, kliennya telah siap menghadapi persidangan mendatang. Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan bukti-bukti pendukung lainnya.

“Kalau untuk persidangan kami persiapkan bukti-bukti kami menguji sejauh mana perbuatan beliau ya kan,” tutur Insank.