Connect with us

Legislatif

Fadli: Kalau Jokowi Gratiskan Jagorawi dan Tol Lainnya Itu Baru Bukan Pencitraan Murahan

Terbit:

pada

Fadli Zon

Jurnalpolitik.id – Wakil Ketua DPR dari Fraksi Gerindra Fadli Zon menilai, keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghapus tarif tol jembatan penghubung Surabaya-Madura (Suramadu) hanya pencitraan.

Fadli pun menantang Jokowi untuk menggratiskan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi), serta beberapa tol baru lain yang tarifnya dianggap cukup mahal.

“Saya usul Pak Jokowi segera gratiskan Tol Jagorawi yang sudah 40 tahun beroperasi. Sudah balik modal dan sudah banyak untungkan negara dan pengelola,” kata Fadli lewat akun Twitter-nya, @fadlizon, Minggu (28/10/2018).

Fadli meminta Jokowi tidak semata-mata berorientasi pada bisnis terkait tarif jalan tol. Itu, kata Fadli, baru yang namanya prestasi.

“Jadikan jalan sebagai sarana pelayanan, bukan bisnis, termasuk jalan tol baru yang tarifnya mahal-mahal. Itu baru prestasi, bukan pencitraan murahan,” lanjut politikus Partai Gerindra itu.

Baca juga: SBY Minta Jokowi Jelaskan Kenapa Cuma Suramadu yang Digratiskan

Sebelumnya, Jokowi menyatakan bahwa penggratisan jembatan Suramadu tidak diambil hanya dengan memperhitungkan untung dan rugi semata, tapi juga kepentingan masyarakat yang jauh lebih besar. Dengan pembebasan tarif tol jembatan Nasional Suramadu ini, Jokowi berharap perekonomian dan pariwisata di Madura semakin meningkat sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya.

“Negara itu tidak berhitung untung atau rugi. Negara itu berhitung yang berkaitan dengan keadilan sosial, yang berkaitan dengan rasa keadilan, dan kesejahteraan. Itu yang dihitung,” kata Jokowi di jembatan Suramadu, Jawa Timur, Sabtu (27/10/2018).

Baca juga: Jokowi Gratiskan Jembatan Suramadu, PAN: Ini Kebijakan Sontoloyo atau Tidak Ya?

Loading...
Sponsor
Loading...
Komentar

Trending