Hukum

Fahri Lempar Kesalahan ke KPK Terkait Kasus Roy Suryo vs Kemenpora

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. (Foto: Kompas/Nabilla Tashandra)

Jurnalpolitik.id – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah angkat bicara terkait kasus yang melibatkan Waketum Partai Demokrat Roy Suryo yang diduga belum mengembalikan 3.226 unit Barang Milik Negara (BMN) sejak tidak lagi menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Fahri menilai, kasus yang menimpa Roy tersebut muncul akibat dari kesalahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang suka menciptakan sensasi.

“Kalau orang mengerti sistem, kasus pak Roy ini contoh sempurna betapa korupsi itu sulit dalam demokrasi. Sendok dan garpu pun Gak bisa hilang. Inilah kesalahan @KPK_RI mereka menciptakan sensasi baru. Bukan audit tapi intip, itu bukan tradisi demokrasi,” tulis Fahri melalui akun Twitter-nya, @Fahrihamzah, pada Sabtu (8/9/2018).

Sebelumnya, kuasa hukum Roy Suryo, Tigor Simatupang, berdalih dengan mengatakan bahwa kliennya belum menerima surat permintaan pengembalian barang milik negara dari Kemenpora.

“Surat yang mana? Yang disebarkan di netizen itu maksudnya? Sampai sekarang belum sampai tuh,” kata Tigor, Sabtu (8/9/2018).

Baca: Roy Suryo Bawa Ribuan Barang Milik Negara, Termasuk Korupsi atau Bukan? Ini Kata KPK

Atas dasar itu pihaknya merasa tidak perlu mengirimkan balasan apa-apa ke Kemenpora.

Terkait dugaan 3.226 unit barang milik negara yang belum dikembalikan, Roy Suryo pun sudah membantahnya. Bahkan dia menganggap tuduhan itu sebagai fitnah.

Ia merasa tidak menguasai barang milik negara seperti yang disebutkan Kemenpora.

Roy menduga ada motif politik di balik tuduhan Kemenpora tersebut.

“Ini adalah fitnah untuk menjatuhkan martabat serta nama baik saya di tahun politik ini,” kata Roy kepada Kompas.com, Selasa (4/9/2018).

Roy juga mengaku heran mengapa hal ini dipersoalkan setelah ia tak lagi menjabat sebagai menteri.

“Terhadap aset BMN Kemenpora sebanyak 3.226 unit yang disebutkan-sebutkan masih saya bawa, padahal tidak sama sekali,” ujarnya.

Baca juga: Soal Roy Suryo Bawa Aset Kemenpora, JK: 3 Ribu Barang Bagaimana Ngangkutnya?

Loading...

Berita lainnya