Connect with us

Hankam

Kapolri: Pembangunan Wilayah Papua Sangat Terasa di Era Jokowi

Terbit:

pada

Kapolri Jendral Tito Karnavian.

Jurnalpolitik.id – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menilai pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) cukup banyak memberikan perhatian ke daerah Papua.

Menurutnya, pembangunan di wilayah Papua di era Presiden Jokowi terasa nyata dan menyentuh hingga ke wilayah pegunungan yang belum banyak tersentuh sejak era Orde Baru.

“Di masa Orde Baru belum banyak tersentuh di gunung-gunung, baru saya melihat selaku Kapolda Papua 2012 sampai dengan sekarang, baru kepemimpinan Presiden Jokowi yang riil di gunung, terasa,” kata Tito di Ruang Rapat Utama Markas Besar (Rupatama Mabes) Polri, Jakarta Selatan, Senin (20/8).

Tito mencontohkan pembangunan Jalan Trans Papua, perbaikan Bandara Wamena, program Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga, hingga pembangunan pabrik semen Maruni di Manokwari yang membuat harga semen di Papua mengalami penurunan secara drastis.

“Masuknya perusahaan semen di Manokwari bisa cover semua wilayah, sehingga harga semen yang dulu harganya Rp1,5 juta, sekarang sama dengan yang lain-lain bahkan lebih,” kata jenderal bintang empat itu.

Lebih lanjut Tito mengatakan, permasalahan utama di Papua ialah ekonomi. Karena itulah banyak tindak kriminal bersenjata yang terjadi di wilayah paling barat RI tersebut. Mereka adalah kelompok yang belum puas terhadap pembangunan di Papua.

Namun, dia menegaskan, kepolisian akan tetap melakukan penegakan hukum terhadap kelompok yang melakukan tindak kriminal. Menurutnya, sejumlah anggota Polri dan TNI telah menjadi korban dari aksi mereka.

“Selain masyarakat korban, polisi juga banyak jadi korban beberapa hari yang lalu juga rekan-rekan anggota TNI gugur. Ini kami tetap berusaha mengejar pertumbuhan ekonomi. Saya tidak melihat itu adalah masalah perbedaaan ras, tidak,” ucap Tito.

Loading...
Sponsor
Loading...
Komentar

Trending