Connect with us

Pemilu

Sejam di Restoran Dekat Pertemuan Jokowi, Mahfud MD Akhirnya Pulang karena Ada Perubahan Cawapres

Terbit:

pada

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD.

Jurnalpolitik.id – Mantan Ketua MK Mahfud MD diketahui mendatangi salah satu restoran yang berada dekat dengan restoran Plataran, tempat pertemuan Joko Widodo (Jokowi) dengan seluruh ketum parpol koalisi.

Berdasarkan laporkan CNNIndonesia.com, Mahfud sempat berada di Restoran Tesate yang lokasinya ada di seberang Plataran.

Hampir satu jam Mahfud berada di Restoran Tesate. Dengan mengenakan kemeja berwarna putih dan celana bahan hitam, dia tampak bersama sejumlah orang di restoran itu.

Namun, Mahfud terlihat meninggalkan lokasi beberapa saat setelah Jokowi tiba di Restoran Plataran.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Mahfud bakal mendeklarasikan dirinya sebagai cawapres pada pukul 18.00 WIB. Namun, belum diketahui di mana lokasi deklarasi tersebut dilaksanakan.

Beberapa informasi yang beredar, Mahfud bakal mendeklarasikan dirinya sebagai cawapres di Tugu Proklamasi, Jakarta.

Bahkan, sumber yang enggan disebut namanya juga mengatakan Mahfud sudah menyerahkan riwayat hidup kepada Jokowi.

Ia juga diketahui sudah diminta untuk mengukur seragam yang bakal dikenalannya saat proses pendaftaran capres dan cawapres di KPU pada Jumat (10/8).

Baca: Jadi Cawapres Jokowi, Mahfud MD: Ini Panggilan Sejarah Buat Saya

Sebelum pengumuman cawapres, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding sempat menyebut bahwa Jokowi memilih Ma’ruf Amin. Mahfud, yang menunggu dideklarasikan, akhirnya memilih pulang ke rumah.

Hal tersebut juga disampaikan politikus Golkar Nusron Wahid. Nusron, yang menemani Mahfud Md untuk deklarasi cawapres, menyebut perubahan cawapres itu mendadak.

“Ya saya nemenin Mahfud sambil nunggu transit, kan katanya mau deklarasi di situ (Restoran Tesate). Tiba-tiba ada perubahan,” kata Nusron, Kamis (9/8/2018).

“Aku masih di Tesate. Pak Mahfud udah pulang ke Kramat,” lanjutnya.

Memilih Ma’ruf Amin

Akhirnya Jokowi resmi mengumumkan cawapres pilihannya untuk mendampinginya di Pilpres 2019. Calon presiden petahana itu memilih Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maruf Amin untuk mengisi posisi tersebut.

“Saya memutuskan dan telah mendapatkan pesetujuan dari Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi saya sebagai calon wakkil presiden 2019-2024 adalah Prof. Dr. Ma’ruf Amin,” kata Jokowi di Restoran Plataran, Jalan HOS Tjokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8).

Ma’ruf Amin bukan kader parpol. Namun dia menduduki posisi sentral yakni Rais Aam Nahdlatul Ulama, ormas Islam terbesar di Indonesia.

Pria 75 tahun asal Tangerang ini pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden bidang hubungan Antar Agama.

Baca: Pilpres 2019, Jokowi Pilih Ma’ruf Amin sebagai Cawapres

Loading...
Sponsor
Loading...
Komentar

Trending