Connect with us

Pemerintahan

Tak Ada Lagi Komentar Usai Blok Rokan Diambil Alih RI, Ngabalin Sebut Amien Rais Pengecut

Terbit:

pada

Jurnalpolitik.id – Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV KSP Ali Mochtar Ngabalin menganggap Amien Rais pengecut lantaran tak mau berkomentar soal keberhasilan pemerintah mengambil alih pengelolaan Blok Rokan.

“Salah satu yang pernah Pak Amien keras sekali ngomong kan mengenai Blok Rokan. Setelah pemerintah ambil keputusan lebih cepat terkait Blok Rokan itu, mereka hilang, tidak ada sama sekali. Pengecut itu namanya,” kata Ngabalin kepada detikcom, Sabtu (4/8/2018).

Sebelumnya, Amien Rais sempat menantang keberanian Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengambil alih pengelolaan Blok Rokan. Dan kini pengelolaan Blok Rokan sudah diserahkan ke PT Pertamina (Persero). Namun sampai saat ini Ketua Dewan Kehormatan PAN itu belum memberi komentar lagi soal ini.

Ngabalin menegaskan, sejak awal memang pemerintah sudah berencana mengambil alih pengelolaan Blok Rokan. Namun di waktu yang sama, Amien melontarkan tantangan.

“Yang saya mau bilang ya karena dia pernah menantang, maka musti gentle dong. Tidak ada sama sekali komentar lagi, pengecut itu namanya. Mestinya kasih pembelajaran ke generasi baru,” ujar Ngabalin.

Baca juga: Tantangan Amien Rais Soal Blok Rokan Dijawab oleh Jokowi

Sebelumnya Amien Rais memang melontarkan tantangan untuk Presiden Jokowi dan juga Menteri ESDM Ignasius Jonan terkait Blok Rokan.

“Kalau betul Blok Rokan bisa kembali ke Ibu Pertiwi, ke Pertamina, ini sebuah terobosan luar biasa. Cuma berani enggak Jonan, berani enggak Pak Jokowi? kalau berani ya luar biasa,” ucap Amien Rais di sebuah acara forum di gedung Nusantara V, MPR RI, Senin (30/7).

Cadangan minyak yang ada di Blok Rokan mencapai 1,5 miliar barel jika tanpa enhanched oil recovery (EOR). Keputusan soal pengambilalihan Blok Rokan ini kebetulan memang berselang sehari setelah tantangan Amien Rais.

Blok Rokan yang memiliki luas wilayah 6.264 km2. Pada 2016 lalu masih mampu menghasilkan minyak hingga 256.000 bph (barel per hari), hampir sepertiga dari total produksi minyak nasional saat ini. Chevron sudah memegang kontrak Blok Rokan sejak 1971 atau 50 tahun lalu.

Baca: Setelah 94 Tahun Dikuasai Chevron, Pertamina Akhirnya Resmi Ambil Alih Blok Rokan

Loading...
Sponsor
Loading...
Komentar

Trending