Legislatif, Pemilu

Dokumen Pendaftaran Dikembalikan Lagi, Ketua DPD Gerindra DKI M Taufik Dipastikan Tak Bisa Nyaleg

Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik.
Wakil Ketua DPRD DKI, M Taufik.

Jurnalpolitik.id – Dokumen pendaftaran Wakil Ketua DPRD DKI, Muhammad Taufik, sebagai bakal calon legislatif (caleg) 2019 dikembalikan dikembalikan KPU DKI Jakarta. Dengan alasan karena tidak melampirkan bukti bahwa politikus Partai Gerindra itu adalah mantan narapidana kasus korupsi.

Taufik pun kemudian mengirimkan ulang berkas pendaftaran tersebut ke KPU setelah dilakukan perbaikan, dengan menyertakan keterangannya sebagai orang yang pernah dihukum karena kasus korupsi.

“Kan harus ada pernyataan pernah dihukum, itu saja. Sudah saya kasih lagi kemarin sama berkas putusan,” kata Taufik (27/7).

Namun dokumen pendaftaran itu pun dikembalikan lagi oleh KPU DKI Jakarta. Pihak KPU DKI menyatakan, status pendaftaran tidak memenuhi syarat (TMS).

“Dikembalikan (dokumennya), TMS,” ucap Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos kepada detikcom, Kamis (2/8/2018).

Baca juga: Tak Lampirkan Bukti Eks Napi Korupsi, KPU Kembalikan Berkas Pendaftaran Taufik

Betty menjelaskan, saat ini proses pengembalian berkas sedang dilakukan. Pengembalian berkas ini dilakukan sebelum tahapan penyusunan dan penetapan daftar calon sementara (DCS).

“Kami sedang proses pengembalian, pascaverifikasi berkas yang sedang dilakukan sebelum kami menyusun DCS,” tutur Betty.

Terkait pencalegan, Taufik kini sebagai salah satu pihak yang menggugat aturan KPU yang mengatur eks napi korupsi tak bisa nyaleg ke Mahkamah Agung. Dalam website MA, gugatan Taufik teregister dengan nomor 43 P/HUM/2018 tertanggal 10 Juli 2018.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik Ngamuk Saat Rapat Bahas Tiang Mikrosel

Loading...

Berita lainnya