Dunia

CIA Ungkap Isi HP dan Komputer Milik Osama bin Laden, dari Game hingga Film Dewasa

Osama bin Laden
Osama bin Laden. (Foto: Aljazeera)

Jurnalpolitik.id – Pada 2 Mei 2011, pemimpin kelompok Al Qaida Osama bin Laden tewas di tangan militer Amerika Sertikat dalam operasi khusus saat menyerang persembunyiannya di Abbotabad, kota kecil di utara Islamabad, Pakistan.

Salah satu yang mengejutkan dari temuan pasca penyerangan tersebut adalah terkuaknya isi ponsel dan beberapa dokumen lain oleh CIA yang diduga milik Osama.

Isi ponselnya tergolong cukup aneh untuk sosok seperti Osama.

Berdasarkan dokumen yang dirilis CIA (Central Intelligence Agency) pada 1 November 2017 mengenai Osama bin Laden, terdapat 79.000 file audio dan gambar.

Secara total terdapat 470.000 file, yang terdiri dari file audio, gambar, pornografi, malware, file-file kosong, file-file rusak, file-file duplikat, serta file-file yang diproteksi hak cipta.

Berbagai foto yang ada di dalam ponsel tersebut cukup aneh. Mulai dari foto seember apel, gambar sekelompok ayam, foto kucing, foto lanskap layaknya gambar background default komputer, foto hiasan kepala rusa, poster gim X-Men vs Street Fighter, dan yang paling aneh, gambar wajah Bin Laden yang diedit di atas menara World Trade Center (WTC) yang terbakar.

Ponsel tersebut ditemukan di kompleks Abbottabad, Pakistan, tempat di mana tentara AS menemukan dan menghabisinya.

Tak hanya itu, militer AS juga menemukan sejumlah film bajakan, seperti Antz, Ice Age: Dawn of the Dinosaurs, serta sebuah dokumenter CNN berjudul In the Footsteps of bin Laden.

Dalam operasi militer tersebut juga berhasil disita sejumlah aset bin Laden, termasuk beberapa hard drive yang berisi ratusan ribu file.

Selama enam tahun semua dokumen tersebut ditutup rapat oleh CIA. Dan baru pada November 2017 CIA merilisnya ke publik. Dari sekian ratusan ribu data, terungkap bahwa kemungkinan besar Osama bin Laden adalah penggemar berat game — alias gamer sejati.

Dilansir dari laporan CIA via Gamerant, Jumat (3/11/2017), sejumlah judul game dan film yang berhubungan dengan game ditemukan di dalam hard drive tersebut. Salah satunya adalah Final Fantasy VII: Advent Children.

Tak hanya itu, Osama juga ternyata menyimpan sejumlah game bajakan Nintendo DS, seperti New Super Mario Bros, Animal Crossing: Wild World, dan beberapa judul game Naruto. Bahkan, kabarnya, juga ditemukan di dalam hard drive tersebut game Counter-Strike dan Half-Life.

Selain permainan, pemilik nama lengkap Usamah bin Muhammad bin Awwad bin Ladin ini juga suka nonton anime. Selain anime Naruto, seri anime lain seperti Bleach dan Dragon Ball versi bajakan juga ditemukan di dalam hard drive.

Kendati demikian, belum tentu itu milik Osama. Meskipun ditemukan di dalam hard drive milik Osama, bisa saja ada orang lain di dalam kompleks tersebut yang mendapatkan akses menggunakan komputer Bin Laden.

Dalam operasi militer dengan kode nama Operation Neptune Spear Operation tersebut, tim khusus operasi mendapati banyak orang — sebagian besarnya anak-anak muda — tinggal di dalam kompleks yang sama dengan Osama bin Laden di Pakistan.

Pada akhirnya, tak diketahui dengan pasti apakah Osama atau orang lain dalam kompleks tersebut yang bermain game.

Osama Bin Laden menjadi sosok yang paling dicari pemerintah AS karena organisasi yang didirikannya, Al Qaida, diyakini terlibat dalam serangan teror 11 September 2001 dan sejumlah serangan lain di berbagai negara.

Presiden AS ketika itu, Barack Obama, dan beberapa pejabat senior lain mengikuti secara langsung jalannya operasi pasukan khusus di Pakistan. Obama juga menemui seluruh anggota tim setelah tugas mencari Bin Laden dinyatakan selesai.

Jenazah Bin Laden tidak dikuburkan karena khawatir makamnya akan dijadikan sebagai tempat suci dan oleh militer AS dijatuhkan ke Laut.

Sebelum dijatuhkan ke laut, jenazah Bin Laden dimandikan dan prosesi penguburan dilakukan secara Islam, menurut informasi yang dikeluarkan militer AS.

Loading...

Berita lainnya