Connect with us

Legislatif

Prabowo Dukung Penuh RUU Antiterorisme, dengan Catatan…

Terbit:

pada

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto

Jurnalpolitik.id – Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menegaskan, partainya siap mendukung pemerintah dalam penanganan terorisme, baik melalui revisi undang-undang (RUU) nomor 15 tahun 2003 tentang pemberantasan tindak pidana terorisme, maupun melalui Peraturan Pemerintah Pengganti undang-undang (Perppu) yang sebelumnya diwacanakan Presiden Joko Widodo (Jokowi ) jika RUU tersebut tak kunjung rampung.

Meski demikian, Prabowo juga menegaskan bahwa RUU atau Perppu tersebut dipastikan tidak menjadi aturan yang bisa disalahgunakan untuk kepentingan tertentu (abuse of power).

‎”Saya yakin kita mau mendukung pemerintah kalau memang itu dibutuhkan. Tapi harus dilihat apakah (RUU atau Perppu) ini demokratis atau tidak, ada peluang tidak untuk penyalahgunaan power (kekuasaan), abuse of power,‎” kata Prabowo saat mendatangi kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, (16/5/2018).

‎”Jadi kita juga mohon suatu tindakan yang Arif dan seimbang, harus koreksi diri semua pihak,” lanjutnya.

Orang nomor 1 di Partai Gerindra itu mendatangi gedung DPR untuk membahas mengenai rentetan aksi teror yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia belakangan ini. Selain itu, dia juga berencana membahas soal regulasi penanganan terorisme.

Terkai serangan terorisme, Mantan Danjen Kopassus itu meminta agar tidak mengkambinghita‎mkan regulasi.

‎”Tetapi saya kira kalau semua berniat baik jangan cari alasan regulasi lah. Itu kalau saya sih,” katanya.

Meski demikian Prabowo tidak menyebutkan langsung pihak yang selama menyalahkan regulasi dalam penanganan terorisme.

Baca: Fadli Zon: Terorisme karena Pemerintah Gagal Lindungi Warga, Jangan Salahkan RUU

Prabowo Subianto sambangi kompleks Parlemen

Prabowo Subianto sambangi kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Rabu (16/5/2018).(Foto: Kompas.com/Kristian Erdianto)

Hanya saja sebelumnya, sebagaimana diketahui, Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta DPR untuk segera mengesahkan RUU terorisme.

Dengan disahkan RUU terorisme, kata Tito, kepolisian memiliki payung hukum untuk melakukan tindakan preventif dalam sejumlah aksi teror.

Dalam UU yang ada saat ini, menurut Tito, pihak kepolisian baru bisa bertindak jika para teroris telah beraksi.

‎”Karena kami tahu sel-sel mereka, tapi kami tidak bisa menindak kalau mereka tidak melakukan aksi,” kata Tito, Minggu (13/5/2018) lalu.

Baca: Kapolri Kritik Lambannya Revisi UU Antiterorisme oleh DPR

Kembali ke kunjungan Prabowo ke DPR. Ketua Umum Partai Gerindra itu tiba di lobi Gedung Nusantara III sekitar pukul 14.30 WIB dengan mengenakan safari berwarna krem. Kehadirannya disambut oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon dan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani.

“Jadi saya mau sidak. Ini Pak Muzani kan punya kantor baru. Jadi saya mau menengok beliau, mengucapkan selamat, beliau dipercaya sebagai Wakil Ketua MPR,” kata Prabowo kepada awak media.

“Intinya itu saja dan koordinasi dengan tokoh-tokoh partai saya yang ada di DPR,” ucapnya.

Baca: Komnas HAM Minta Penanganan Terorisme Tak Melibatkan TNI

Loading...
Sponsor
Loading...
Komentar

Trending