Hukum

Soal ‘Partai Setan’, Meski Tak Sepakat, PKS Tak Setuju Amien Rais Dilaporkan

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.

Jurnalpolitik.id – Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyesalkan pelaporan terhadap Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais. Pernyataan Amien Rais soal ‘partai setan’ dan ‘partai Allah’ mestinya dilawan dengan argumen, bukan pelaporan ke polisi.

“Lapor-melapor ini buruk bagi demokrasi, karena ini tidak memberi ruang bagi kontestasi gagasan,” kata Mardani kepada detikcom, Senin(16/4/2018).

Mardani meminta pertarungan gagasan tak semestinya dikriminalisasi. Kontestasi gagasan, menurutnya, erat kaitannya dengan inovasi. Bahkan perkembangan teknologi juga diwarnai oleh tarung gagasan.

“Jadi jangan sedikit-sedikit lapor, sedikit-sedikit lapor,” ujarnya Mardani.

Baca juga: Soal Amien Rais, PAN: Kalau Setiap Orang Ceramah Dilaporkan, Kasihan Polda-nya

Kendati demikian, Mardani mengaku tak sepakat dengan apa yang disampaikan Amien Rais soal ‘partai setan’ dan ‘partai Allah’. PKS ingin menegaskan bahwa Indonesia sebagai rumah bagi semua golongan. Termasuk, semua partai tanpa terkecuali.

Menurutnya perbedaan pendapat antarpartai adalah wajar, tak perlu dimusuhi.

Mardani yakin Amien Rais memiliki alasan kuat terkait pernyataan tersebut.

“Pak Amien politisi senior pasti punya alasan dengan pernyataan itu,” kata Mardani, Sabtu (14/4/2018).

Sebelumnya, Cyber Indonesia melaporkan Amien Rais ke Polda Metro Jaya dengan tuduhan tindakan pidana ujaran kebencian SARA dan penodaan agama melalui media sosial.

Laporan mereka diterima dengan nomor laporan LP/2070/IV/2018/PMJ/Ditreskrimsus. Amien disangkakan dengan pasal 28 ayat 2, UU ITE, dan atau pasal 156 a KUHP.

“Kami melihat telah ada suatu upaya dikotomi atau provokasi. Yang membawa, ras, agama. Padahal kita tahu bahwa negara kita adalah negara berdasar Pancasila dan UUD 1945,” kata Ketua Cyber Indonesia, Aulia Fahmi, kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (15/4/2018).

Baca juga: Sohibul: Kami Siap Koalisi dengan Prabowo Asal Cawapres dari PKS

Loading...

Berita lainnya