Pemilu, Pilkada

Pilkada Serentak, Sandiaga Ajak Warga Mencontoh Pilgub DKI yang Damai

Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno
Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno

Jurnalpolitik.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meminta, dalam Pilkada yang dilaksanakan secara serentak di tahun ini, warga tidak terpengaruh oleh berita-berita bohong atau hoaks. Sandi pun mengajak warga mencontoh Pilkada DKI yang menurutnya berlangsung damai.

“Hoaks bisa berujung pada masalah hukum. Jadi lebih baik nggak usah. Jadi itu, saya imbau semua, dan kemarin di DKI alhamdulillah kita bisa tetap dalam situasi yang adem, damai, dan kondusif. Tapi pada 2018 ini jangan sampai ada perseteruan di dunia maya yang berujung pada perseteruan di dunia nyata,” ujar Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (5/3/2018).

Baca: Polisi: Muslim Cyber Army Bagian dari Saracen

Sandiaga mengimbau warga agar lebih waspada terhadap berita-berita yang belum jelas kebenarannya. Dia meminta warga melakukan cek dan ricek dulu sebelum menyebarkan suatu berita.

“Bahwa sekarang saya melihat hoaks itu memainkan banyak peran. Jadi post-truth, post-fact. Cek dulu sebelum kita share,” kata Sandi.

Sandi pun meminta warga agar tidak mudah percaya pada berita yang telah tersebar di masyarakat. Ia meminta warga teliti saat menerima berita dari media sosial.

“Pastikan juga berita tersebut betul dan jangan terlalu percaya pada berita-berita yang kita terima dan langsung kita broadcast. Jadi harus diteliti dulu, benar atau nggak,” ucapnya.

Baca juga: Pola Kerja ‘Muslim Cyber Army’ Mirip Kelompok Radikal di Timur Tengah

Loading...

Berita lainnya