Hankam

Resmi, Jokowi Lantik Irjen Heru Winarko sebagai Kepala BNN Gantikan Buwas, Baca Rekam Jejaknya

Heru Winarko
Pelantikan Irjen Heru Winarko oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Kamis (1/3/2018). (Foto: Fabian Januarius Kuwado/Kompas.com)

Jurnalpolitik.id – Presiden Joko Widodo menjatuhkan pilihan ke Irjen (Pol) Heru Winarko sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) yang baru menggantikan Komjen Budi Waseso yang memasuki masa pensiun.

Acara pelantikan dilangsungkan di Istana Negara Jakarta, Kamis 1 Maret 2018 pagi.

Jokowi menilai Heru dari tiga nama yang disodorkan. Alasannya, karena memiliki latar belakang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Yang paling penting dari sisi integritasnya. Karena peredaran narkoba, duitnya gede sekali, omzetnya gede sekali, gampang menggoda orang untuk berbuat tidak baik,” ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Nama lain yang sebelumnya disodorkan ke Jokowi adalah Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto dan Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari.

Rekam jejak Heru memang tak perlu diragukan.

Pria kelahiran 1 Desember 1962 itu sebelumnya tercatat sebagai pejabat penting di KPK, yakni sebagai Deputi Bidang Penindakan KPK sejak tahun 2015.

Sebelum itu, lulusan Akpol 1985 ini pernah menduduki jabatan strategis di antaranya staf ahli di Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan yang saat itu dipimpin Luhut Binsar Panjaitan.

Heru juga pernah menjadi Kapolda Lampung di tahun 2012.

Ketika menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK, Heru menjalankan fungsi perumusan kebijakan untuk sub-bidang penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan di lembaga anti-rasuah itu.

Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Menkopolhukam.

Berikut jabatan penting yang dipegang Heru selama ini.

  • Kapolres Metro Jakarta Pusat
  • Penyu Tk II Dit II/Eksus Bareskrim Polri (2009)
  • Wadir II/Eksus Bareskrim Polri (2009)
  • Wadir III/Tipikor Bareskrim Polri (2010)
  • Asdep 4/V Kamnas Kemenko Polhukam RI (2010)
  • Kapolda Lampung (2012)
  • Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Menkopolhukam (2015)
  • Deputi Penindakan KPK (2015)
  • Kepala BNN

Heru Winarko akan mengemban tugas berat meneruskan pemberantasan peredaran narkoba yang gencar dilakukan Budi Waseso.

Sebagaimana diketahui, Indonesia menjadi pangsa pasar pengiriman narkotika dalam jumlah besar dari China dalam beberapa tahun terakhir.

Loading...

Berita lainnya