9 Pesan Politik Prabowo dalam Pidato HUT Gerindra ke-10

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. (Foto: Grandyos Zafna/detikcom).

Jurnalpolitik.id – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan sambutan di acara hari ulang tahun (HUT) ke-10 partainya di Kantor DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (10/2).

Selama kurang lebih 30 menit Prabowo berpidato, ada sejumlah pesan politik yang diungkapkannya.

1. Jangan masuk partai untuk makan dan agar kaya

Prabowo menegaskan kepada para kader Gerindra, jangan masuk partai untuk cari makan atau kekayaan. Sembari menunjuk foto pahlawan yang dipajang di DPP Gerindra, dia mengatakan, “Jangan kita di sini untuk cari makan, jangan cari kaya. Hati kita yang harus kita mantapkan. Kita taruh (gambar pahlawan) untuk dilihat, diingat perjuangannya, apakah kita pantas meneruskan cita-cita dan menjaga nilai-nilai mereka. Yang kita lihat niatnya.”

2. Jangan benci orang kaya

Prabowo berpesan agara kader Gerindra tidak membenci orang kaya. Sebab, tugas Gerindra adalah membela seluruh rakyat Indonesia, bukan hanya rakyat kecil atau miskin saja.

“Kita sadar rakyat mengharapkan kita untuk membela seluruh rakyat. Kita tidak boleh benci kepada orang kaya. Kita butuh orang kaya yang cinta tanah air. Itu tujuan dari national building dari pendiri bangsa ini,” katanya.

3. Indonesia kaya dan harus dijaga

Indonesia dengan kekayaannya yang melimpah selalu menjadi incaran para ‘perampok’. Kendati demikian, Prabowo mengatakan bahwa kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan para perampok tersebut. Tugas kita lah menjaga kekayaan yang dimiliki Indonesia.

“Jangan kita salahkan perampok. Mereka emang jiwanya perampok. Kalau kita enggak pandai menjaga kekayaan kita sendiri, itu salah kita sendiri. Kalau rakyat kita tak bisa dan gak sadar menjaga kekayaaan sendiri, kalau pemimpin-pemimpinnya diam dan mengizinkan kekayaan rakyatnya diambil, itu salah kita sendiri dan kita akan malu pada sejarah sendiri,” kata dia.

4. Tidak ada salahnya bekerja sama dengan asing, tapi…

Prabowo juga mengingatkan bahwa Indonesia tidak boleh anti asing dan harus bekerja sama. Namun, pemerintah harus tegas ada hal-hal yang tidak boleh diserahkan kepada pihak asing.

“Kita enggak boleh anti-asing, harus kerja sama dengan mereka, tapi ada hal-hal dari pandangan strategi dan geo-strategi, pertahanan, enggak boleh diserahkan ke negara lain,” tegasnya.

5. Kekuasaan itu penuh tantangan dan godaan

Prabowo mengatakan, di saat seseorang berada dalam kekuasaan, akan ada banyak tantangan dan godaan. Oleh sebab itu dia berpesan agar selalu berpegang teguh pada ideologi negara, Pancasila.

“Kita akan tergoda oleh karena mereka yang dalam posisi kedudukan kekuasaan akan tergoda berhadapan dengan masalah-masalah riil dan aktual. Mereka yang masuk kekekuasaan, kalian akan dapatkan tantangan dan godaan. Kita harus selalu setia dan berpegang pada ideologi negara,” tegas Prabowo.

Baca juga: Prabowo: Pak Fadli Juga Bisa Jadi Presiden, Asal Namanya Diganti Jadi Fadli Zono

6. Jika di atas, selalu ingat yang di bawah

Prabowo berpesan agar para kadernya selalu bertutur kata dan berperilaku baik, tidak boleh sombong.

“Saat kau di atas ingatlah yang di bawah. Karena nanti kau ke bawah mereka akan menyapa kalian. Kalau di atas jahat, mereka tak akan lupa,” ucapnya.

7. Jika dicemooh balas dengan kebaikan

Prabowo berpesan kepada para kader untuk tidak menjadi pribadi yang emosional dan pendendam.

“Semakin dihina dan dihantam semakin tegar, semakin kuat dan semakin membalas demi kebaikan. Itu tandanya seorang pendekar. Tapi pendekar itu akan selalu bersama rakyat. Seorang pendekar itu berarti tidak boleh pernah benci, dendam. Kalau Gerindra dihina dan difitnah, kita harus balas dengan kebaikan,” tegasnya.

8. Kebenaran dan agama selalu menang

Prabowo juga berpesan agar para kader selalu yakin bahwasanya kebenaran dan agama akan selalu menang.

“Kita percaya kebenaran selalu menang. Itu ajaran semua agama di dunia. kebenaran selalu menang, jangan ragu. Kita berada di atas jalan yang benar,” kata Prabowo.

9. Hidup harus berarti, jangan takut mati

Manusia, kata Prabowo pasti akan mati. Namun, dia berpesan, jangan pernah takut mati dan harus berusaha agar hidup memiliki penuh arti.

“Kita semua akan mati, jangan takut mati karena itu ciri khas kita paket hemat. Yang penting hidup kita harus penuh arti. Kita semakin menahan diri, jangan pernah emosional,” ucapnya.

Baca juga: Fadli Zon: Hanya Prabowo yang Mampu Mengubah Karut-marut Negeri Ini

Loading...