Legislatif, Pemerintahan

Fadli Zon Kritik Kinerja KKP, Begini Respons Telak Menteri Susi

Fadli Zon dan Menteri Susi.
Fadli Zon dan Menteri Susi.

Jurnalpolitik.id – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengkritik kinerja Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di bawah kepemimpinan Susi Pudjiastuti.

Lewat akun Twitternya, @fadlizon, politikus partai Gerindra itu menilai keliru selama ini kinerja KKP hanya dilihat dari keberhasilan penenggelaman kapal dan stok ikan yang meningkat. Padahal, menurut Fadli, masih banyak nelayan yang belum terangkat perekonomiannya.

“Di tempat lain, kita membangga-banggakan jumlah kapal nelayan asing yang berhasil ditenggelamkan, serta klaim populasi ikan yang meningkat. Seolah itu adalah ukuran keberhasilan Kementerian Kelautan dan Perikanan,” cuit Fadli, Rabu (7/2/2018).

Tak hanya itu, Fadli juga menyebut nelayan di era pemerintahan Joko Widodo ini kerap dikriminalisasi lantaran persoalan penggunaan alat tangkap.

“Padahal, di saat yang bersamaan, nelayan kita masih menjadi kelompok termiskin, bahkan sempat menjadi kelompok yang rentan terkena kriminalisasi gara-gara persoalan alat tangkap,” lanjutnya.

Menanggapi kritikan tersebut, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti justru melontarkan pertanyaan balik ke Fadli.

“Ukuran keberhasilan yg telah anda lakukan apa Pak Fadli yth??? Mohon pencerahan,” tulis Susi sebagai balasan twit Fadli Zon, Rabu (7/2/2018).

Menanggapi pertanyaan tersebut, Fadli tidak langsung menjawabnya. Dia mengaku akan memberi jawaban lewat buku.

“Sy tuangkan dlm 3 buku “Berpihak Pada Rakyat” apa yg sy lakukan (bukan klaim keberhasilan) kurun 2014-2015, 2015-2016, 2016-2017 sb @DPR_RI,” tulis Fadli,” ujar Fadli.

Berita lainnya