Luhut Larang Menteri Susi Tenggelamkan Kapal Tahun Ini

oleh
Presiden Jokowi bersama Menteri Kelautan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menko Maritim Luhut Pandjaitan. (Foto: Dok KKP)

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menggelar rapat koordinasi. Rapat tersebut dihadiri para menteri dari sektor perhubungan, pariwisata, energi, serta kelautan dan perikanan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan keinginannya agar tak ada penenggalaman kapal tahun ini.

Keputusan tersebut ditujukan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, yang terkenal karena kinerjanya memberantas kapal penangkapan ikan ilegal.

“Perikanan sudah diberi tahu tidak ada penenggelaman kapal lagi tahun ini. Ini perintah! Sudah cukuplah itu,” ujar Luhut di Kantor Kemenko Bidang Kemaritiman, Jakarta Pusat, Senin (8/1/2018).

Baca juga: Selain Soal Penenggelaman Kapal, Luhut Juga Minta Menteri Susi Cabut Larangan Penggunaan Cantrang

Luhut mengajak para menterinya untuk fokus meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Salah satu caranya dengan menggenjot ekspor hasil perikanan di dalam negeri yang sudah meningkat tajam produksinya.

“Sekarang kita fokus bagaimana meningkatkan produksi supaya ekspor kita naik. Bagaimana penangkaran ikan ini jalan, sehingga, misalnya ikan napoleon yang ditangkar di Natuna ada 35 ribu ekor bisa dieskpor,” papar Luhut.

Luhut menambahkan, pemerintah tidak akan membuat kebijakan yang mengganggu kenyamanan nelayan. Salah satu kebijakan yang akan dikaji ulang adalah pelarangan menggunakan cantrang.

“Cantrang sudah dipetakan. Jangan ada lagi namanya kebijakan yang membuat nelayan kita tidak nyaman,” pinta Luhut.

TRIBUNNEWS