Hankam

Polres Dharmasraya Sumbar Diserang & Dibakar, Ditemukan Pesan ‘Jihad’ di Pelaku

Polres Dharmasraya, Sumatera Barat dibakar dua orang tak dikenal pada Minggu (12/11/2017) sekitar pukul 02.45 WIB. Akibatnya, seluruh bangunan utama hangus terbakar.

Kebakaran bermula dari ruang belakang yang terletak di antara ruang Kasie Pengawas dan ruang Seksi Tekhnologi Informasi Polri atau Sitipol.

Kebakaran baru diketahui oleh petugas piket SPK Polres ketika kobaran api sudah membesar di bagian belakang gedung utama. Para personil pun langsung berupaya memadamkan api dan berusaha meminta pertolongan.

Polres Dhamasraya diserang dan dibakar (Foto: Dok. Istimewa)

Satu jam kemudian dua mobil pemadam kebakaran (Damkar) tiba di lokasi dan langsung melakukan upaya pemadaman.

Saat sedang berlangsung proses pemadaman itulah, petugas Damkar memergoki dua pria tak dikenal berambut gondrong, mengenakan jaket loreng dan satunya lagi mengenakan jaket hitam tersebut. Kedua orang tersebut berusaha menyerang petugas Damkar.

Personil piket yang sebelumnya berusaha memadamkan api, langsung mengamankan petugas Damkar dan melakukan pengepungan pada dua orang tak dikenal tersebut.

Polisi sempat memberikan tembakan peringatan dan meminta keduanya menyerah. Namun permintaan polisi dijawab dengan serangan panah sehingga polisi kemudian melakukan penembakan hingga keduanya tewas.

Barang Bukti yang berhasil diamankan dari kedua orang tersebut berupa 1 busur panah, 8 anak panah, 2 sangkur, 1 pisau kecil, sepasang sarung tangan warna hitam dan selembar kertas yang bertuiskan Pesan Jihad dari “Saudara Kalian ABU ‘AZzam Al Khorbily 21 Safar 1439 H di Bumi Allah”.

Polres Dhamasraya diserang dan dibakar

Polres Dhamasraya diserang dan dibakar (Foto: Dok. Istimewa)

Kapolres Dharmasraya AKBP Roedy Yoelianto membenarkan peristiwa itu. Para pelaku sudah ditembak mati karena melakukan perlawanan.

“Iya Mako kami diserang pelaku dan dibakar,” ujar Roedy saat dihubungi, Minggu (12/11/2017).

“Intinya ada pelaku melakukan pembakaran, kita kejar, mereka melawan dan kita lumpuhkan,” kata Roedy.

Saat ini, kepolisian sudah turun ke lokasi untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

“Ini mau olah TKP dulu,” jelasnya.

Kertas Pesan Jihad

Dari pelaku polisi berhasil mengamankan selembar kertas ‘pesan jihad’.

“(Barang bukti yang berhasil diamankan) 1 lembar kertas yang berisika Pesan Jihad dari ‘Saudara Kalian Abu Azzam Al Khorbily 21 Safar 1439 H di Bumi Allah’,” ujar Karo Penmas Polri Brigjen Rikwanto saat dikonfirmasi, Minggu (12/11/2017).

Secarik kertas pesan jihad yang diamankan di Polres Dharmasraya (Foto: Dok. Istimewa)

You Might Also Like